Mohon Perhatian, Irda Cianjur Bakal Audit Anggaran Covid-19

Kantor Inspektorat Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur di Jalan Raya Bandung Sadewata Cianjur.(foto: istimewa)
Kantor Inspektorat Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur di Jalan Raya Bandung Sadewata Cianjur.(foto: istimewa)

RADARCIANJUR.com-Inspektorat Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur akan terus melakukan pengawasan dan pembinaan serta mengaudit terkait anggaran penanganan Covid 19 yang ada di pemerintah, termasuk ke tingkat desa.

Hal itu disampaikan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Cianjur, Asep Suhara saat dikonfirmasi radarcianjur.com, Rabu (9/6/2020).

“Kita akan terus melakukan pengawasan serta pembinaan kepada Pemerintah kabupaten terkait pengalokasian anggaran Covid-19 ini. Termasuk rencananya akan mengaudit pengalokasian anggaran di desa-desa,” kata Asep.

Namun, ia menyebut, belum bisa dipastikan kapan waktu pelaksanaan audit khususnya di tingkat pemerintah desa.

Karena menurutnya, kini masih dalam tahap monitor evaluasi (Monev) yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

“Belum bisa ditentukan kapan waktu audit itu. Namun Insya Allah rencananya memang ada,” katanya.

Kaitan itu pula, Asep mengimbau kepada OPD atau dinas terkait, kecamatan, kelurahan, dan desa agar hati-hati dalam mempertanggungjawabkan anggaran covid ini sesuai regulasi atau peraturan yang ada.

Meskipun selama ini, menurutnya, telah dilakukan pengalokasian secara benar.

“Karena jika ada penyelewengan atau penyalahgunaan anggaran yang ditemukan masyarakat, termasuk rekan media, silakan untuk melaporkannya. Baik ditunjukkan ke Inspektorat atau aparat penegak hukum lainnya,” ujarnya.

“Misalnya bantuan sembako dari Pemkab waktu itu, ada info dari rekan media, kami langsung menindaklanjuti, dan Alhamdulillah beres. Bahkan lebih diperbaiki lagi bantuannya,” sambung Asep.

Namun sejauh ini, kata Asep, pihak Inspektorat Kabupaten Cianjur, belum menerima secara khusus pengaduan mengenai bantuan sosial penaganan covid 2019 dari masyarakat.

“Bila ada pengaduan akan langsung kami tindaklanjut. Pengaduan juga bisa disampaikan melalui surat kepada Inspektorat, maupun melalui email,” katanya.

(dan)