Bus Antar Provinsi Mulai Melintas ke Cianjur

BEROPERASI: Bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) mulai melintas dan beroperasi ke wilayah Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) yang melintas ke sejumlah jalur di Kabupaten Cianjur, sejak beberapa hari kemarin telah mulai beroperasi seperti biasa.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Hendra Wira Wiharja menjelaskan, sesuai Keputusan Menteri Nomor 116 tahun 2020, perpanjangan dari aturan sebelumnya dari perhubungan PM 25 tahun 2020, tentang pengendalian transportasi selama idul Fitri yang awalnya berakhir di tanggal 31 Mei, jadi diperpanjang hingga 7 Juni 2020.

“Pada 8 Juni keluar aturan dari kementerian perhubungan nomor 41 tahun 2020 kaitan pengendalian transportasi yang awalnya dibatasi 50% menjadi tetap dibatasi, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk beraktifitas pada adaptasi kebiasaan baru,” terangnya saat dikonfirmasi radarcianjur.com, Jum’at (12/6/2020).

Lebih lanjut, Hendra mengatakan, untuk AKAP, sejak PSBB sudah beroperasi sebagian yang diijinkan oleh kementrian perhubungan dan diberi stiker khusus. Namun, untuk Angkutan Kendaraan Dalam Provinsi (AKDP), yang mengeluarkan ijinnya adalah Dishub provinsi.

“Jadi yang saya ketahui untuk Jabar sesuai instruksi pak Gubernur. Bahwa dalam masa AKB sektor-sektor akan dibuka secara bertahap, dari yang low risk hingga high risk per Minggu melihat perkembangan covid 19,” katanya.

Sehubungan di wilayah Cianjur masuk kedalam zona hijau, lanjut Hendra, angkutan tersebut boleh beroperasi, dan melihat kewenangan yang telah ditetapkan.

“Kami hanya bisa sebatas berkoordinasi dan mengimbau. Karena untuk AKAP yang mengeluarkan ijinnya adalah kementrian perhubungan dan AKDP dari Dishub provinsi,” pungkasnya. (dan)