BUMDes Sindangjaya Permudah Cairkan PKH

PENCAIRAN: Saat pencairan bansos PKH warga Sindangjaya Kecamatan Cipanas. (Foto:Dadan Suherman/Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com -Pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) triwulan kedua termin kedua ini sedikit dipermudah. Tercatat dari 900 keluarga penerima manfaat (KPM) yang ada di Desa Sindangjaya, Pacet, pencairannya dibantu oleh BUMDes Karya Mandiri, di salah satu aula, Rabu (17/6).

Ibu Siti Ajizah (40) salah seorang penerima PKH mengaku, sangat bersyukur pencairan kali ini bisa dilakukan di satu titik dan difasilitasi Bumdes.

“Tidak perlu jauh-jauh ngantri ke ATM yang jaraknya kurang lebih dua kilometer dari rumah saya. Belum macetnya lagi di kawasan pasar, kalau kesini cukup lima menit sudah sampai dan tak lama,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur BUMDes Karya Mandiri, Asbim Misbahuddin mengatakan, untuk saat ini pihaknya dari awal kerjasama dengan salah satu bank yang ditunjuk termasuk diarahkan supaya bisa membantu pencairan para KPM.

“Untuk nilai per KPM itu tidak bisa dipatok rata-rata jumlah pencairan. Tapi sesuai dengan tanggungan masing-masing KPM,” katanya.

Adapun teknis bantuan pencairan yang dilakukan Bumdes, telah melaksanakan di beberapa desa yang ada di Kecamatan Pacet, dan Cipanas. Menurut Asbim, dengan begitu bisa memudahkan KPM dan cukup membantu agar tidak jauh-jauh dan mengantri di ATM.

“Intinya kami berupaya membantu warga yang menerima bansos itu. Jangan sampai adanya kesimpangsiuran antara si penerima dengan program yang ada. Jadi pencairannya tidak dikolektifkan, tapi langsung oleh KPM,” tuturnya.

Pendamping PKH Desa Sindangjaya, Dodi Muhammad Susilo menambahkan, dengan adanya fasilitas yang diberikan BUMDes Karya Mandiri, diharapkan bisa mengurangi beban operasional KPM saat akan melakukan pencairan.

“Jadi jangan sampai beban yang selama ini ditanggung KPM, lebih besar dibanding bantuan yang ada. Apakah bagi warga yang belum paham tentang teknis pencairan jika harus ke ATM,” tambahnya.(dan)