Ini yang bikin Camat Cipanas bakal Temui Penanggungjawab Proyek Mall Cipanas

Camat Cipanas, Latip Ridwan
Camat Cipanas, Latip Ridwan

RADARCIANJUR.com-Camat Cipanas, Latip Ridwan akhirnya memberikan tanggapannya terkait dugaan dampak surutnya sumber air warga akibat proyek pembangunan mall di wilayah Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas.

Ia menyampaikan, secara kajian, indikasi berkurangnya sumber air warga khususnya di Kampung Balakang belum bisa dibuktikan dan bahkan belum ada.

“Saya sarankan dengan kondisi dan cuaca seperti saat ini tidak stabil. Apapun yang kita lakukan harus sesuai dengan kajian. Ketika itu dimungkinkan akibat dampak pembangunan plaza Cipanas, pemahaman saya itu tidak benar. Karena setelah kami lihat sementara, debit air itu masih cukup bagus dan normal,” tuturnya kepada radarcianjur.com, saat ditemui Kamis (18/6/2020).

Lebih lanjut menurut Latip, titik air di kampung tersebut kemungkinan sudah bergeser. Bahkan dia juga akan mengimbau kepada masyarakat di wilayah tersebut, silahkan berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa jika ada sesuatu yang bisa disampaikan.

“Nanti kita akan sampaikan juga keluhan masyarakat itu ke penanggungjawab proyek pembangunan mall Cipanas,” katanya.

Selain itu, lanjut Latip, pihak Kecamatan juga akan segera berkoordinasi dan memberikan solusi termasuk keluhan masyarakat khususnya terkait dengan ketersediaan air.

Menurut Latif, indikasi dugaan surutnya sumber air tersebut itu bisa ditegaskan tidak benar.

Sebab, ia lebih meninjau kepada hasil kajian dari dinas lingkungan hidup (DLH).

“Tidak mungkin kalau dibangun belum sesuai dengan kajian atau izin dari dinas terkait. Saya melihat dari kajian LH, ketika mendirikan bangunan
dan izin tersebut apapun itu tidak akan keluar, logikanya seperti itu,” tambahnya.

Latif juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat, supaya tetap bersabar dan tidak menimbulkan konflik di lingkungan.

“Kita sama-sama mencari solusi bersama, apakah itu betul atau tidak. Nanti Camat akan turun langsung dengan kepala desa dan pimpinan pembangunan Mall Cipanas terutama,” pungkasnya. (dan)