Pencairan PKH Sukatani ‘Door To Door’

PENCAIRAN: Kepala desa dan Bumdes Sukatani memberikan langsung bansos PKH ke warga. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com -Dalam memudahkan pencairan para keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), Pemerintah Desa bersama BUMDes Sukatani, Kecamatan Pacet, ‘door to door’ ke rumah warga penerima bantuan sosial itu, Sabtu (20/6).

Kepala Desa Sukatani, H. Udin Sanusi mengatakan, dengan adanya kegiatan pencairan PKH seperti ini minimal bisa meminimalisir biaya operasional para penerima manfaat, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi tidak di satu tempat, tetapi dibagi beberapa tempat. Dengan memberlakukan protokol kesehatan, pakai masker, dan hand sanitizer. Termasuk supaya tidak begitu banyak berkerumun,” ujarnya.

Selain itu, kata Udin, dengan teknis pencairan yang langsung datang ke KPM, warga penerima pun tidak harus mengeluarkan biaya operasional atau ongkos untuk pergi ke ATM atau unit bank yang ditunjuk.

“Kan kalau pencairannya di masing-masing rumah, gak usah pake ongkos. Selain itu, saya juga sebagai kepala desa bisa sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat. Termasuk sambil menampung keluhan atau aspirasi warga,” katanya.

Pendamping PKH Desa Sukatani, Widiyanto Rahayu menambahkan, dalam situasi masih Pandemi saat ini, termasuk tidak boleh banyak berkerumun, maka pihaknya bersama BUMDes bekerjasama memfasilitasi pencairan PKH ini.

“Jadi ini merupakan salah satu pelayanan kami bersama Pemdes dan Bumdes Sukatani dalam memfasilitasi pencairan PKH warga,” katanya.

Selain itu, ia menyebutkan, bakal terus berkelanjutan dalam memberikan pelayanan seperti ini.

“Kita juga sebetulnya memberikan kebebasan kepada KPM untuk mencarikan. Apakah di ATM, atau melalui BUMDes, bahkan disampaikan langsung oleh kita. Itu gimana dari penerima manfaat saja,” ujarnya.(dan)