21 Hari, 31 Warga Terjangkit DBD

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cimacan, Kabupaten Cianjur, sempat merawat 31 pasien yang terjangkit demam berdarah dengue (DBD) sejak awal Juni hingga Minggu (21/6/2020).

“Dari tanggal 1 hingga 21 Juni 2020 ini, ada 31 pasien yang sempat diberikan penanganan medis karena terjangkit DBD. Namun kini tinggal tiga orang yang masih dirawat intensif,” kata Kepala Seksi Pelayanan (Kasie) Medis RSUD Cimacan, dr. Hani kepada Radar Cianjur, Rabu (24/6/2020).

Ia menyebut, dari jumlah pasien yang sempat dirawat itu, mereka berasal dari berbagai wilayah. Yakni di antaranya, Kecamatan Cugenang, Pacet, Cipanas, dan wilayah Sukaresmi.

“Pasiennya tersebar dari empat wilayah. Tapi ada juga beberapa dari Cikalong kulon, dan perbatasan Bogor,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hani mengatakan, dibandingkan di tahun sebelumnya dengan bulan yang sama, sekarang itu bisa terbilang kasus yang cukup tinggi. Tapi pernah di 2012 lalu, angka DBD itu malah tak pernah ada.

“Jadi kita pernah di tahun 2012 lalu angka DBD nya malah nol. Bahkan kami tidak pernah merawat pasien DBD,” katanya.

Sejak tahun itu, kata Hani, adanya kemungkinan perubahan iklim atau cuaca yang kini menjadi lebih panas, dengan suhu segitu nyamuk demam berdarah ini jadi bisa hidup. Tapi dengan suhu dingin pada waktu lalu, si nyamuk kemungkinan masih jarang hidup.

Dia menyebut, pasien yang sempat dirawat di RSUD ini didominasi oleh usia dewasa. Tapi beberapa juga anak-anak, baik laki-laki dan perempuan.

“Sempat ada kasus menonjol di tahun sebelumnya, tapi di tahun ini tidak ada. Angkanya pun tidak nyampe lima orang, dengan kondisi pasien telah shock,” tuturnya.

Dengan hal tersebut, pihak RSUD Cimacan mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal dengan menerapkan metode 3M. Yakni menguras, membersihkan dan mengubur.

“Saat ini lagi musimnya (DBD). Diharapkan kepada masyarakat, supaya bisa lebih hidup sehat. Artinya makan makanan yang bersih, sesuai aturan, menjaga lingkungan, apalagi kalau ada semacam genangan-genangan air, supaya bisa cepat dibersihkan,” tukasnya. (dan)