Kapan Pendakian Gunung Gede-Pangrango Dibuka?

Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede Pangrango

RADARCIANJUR.com – Bagi para pecinta alam, pendakian ke Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP) sepertinya masih harus banyak bersabar dan menahan diri.

Sebab, dari mulai ditutupnya akses pendakian beberapa bulan kemarin hingga kini akibat Pandemi Covid-19, belum bisa dipastikan kapan beroperasi kembali taman nasional yang melingkupi tiga wilayah tersebut.

Humas Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Poppy Evlap mengatakan, pihaknya masih belum bisa memastikan kapan pendakian TNGGP ini mulai dibuka.

“Kami masih menunggu keputusan dari pemerintah daerah (Bupati) termasuk pemerintah provinsi Jawa Barat (Gubernur) dan keputusan Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK),” tuturnya kepada radarcianjur.com saat dikonfirmasi, Minggu (28/6/2020).

Lebih lanjut Poppy mengatakan, pihaknya pun jika nanti telah menerima keputusan dari unsur terkait, akan segera memberikan informasi lebih jelas melalui website resmi TNGGP.

“Pembukaan obyek wisata maupun pendakian akan dilakukan TNGGP setelah mendapatkan keputusan dari unsur pemerintah yang tadi. Karena keputusan yang akan dikeluarkan tentu telah berdasarkan kajian segala pihak, seperti tim gugus tugas Covid yang ada di daerah,” ujarnya.

Kendati pendakian belum dibuka, tetapi pelayanan perkantoran TNGGP telah beroperasi seperti biasa. Lebih lanjut, kata Poppy, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh wisatawan maupaun pendaki untuk menunggu informasi resmi dari website dan media sosial TNGGP.

“Kepada seluruh calon pengunjung objek wisata maupun calon pendaki di kawasan TNGGP agar bersabar. Karena kami menunggu keputusan yang akan dikeluarkan pemerintah, berdasarkan kajian dari semua pihak seperti tim Gugus Tugas Covid,” jelasnya.

Selain itu, Poppy berujar, jika pendakian sudah dibuka, kepada calon pengunjung semua diharapkan tetap bisa mematuhi protokol kesehatan seperti yang telah diimbau pemerintah.

Bahkan, lanjut Poppy, jika ada oknum yang ‘ngeyel’ di saat belum dibukanya pendakian ke kawasan TNGGP, pihaknya tak segan-segan untuk menindak orang tersebut.

“Akan dilakukan pembinaan berdasar SK Kepala Balai Besar TNGGP No. 129/BBTNGGP/Tek.2/06/2020 tgl 16 Juni 2020 ttg Pembinaan Kegiatan Pendakian Terhadap Pendaki Tanpa Izin di TNGGP,” pungkasnya. (dan)