Puluhan Warga di Kota Bunga Jalani Rapid Test, Ini Hasilnya..

DIRAPID: Sejumlah karyawan dan petugas di Kota Bunga menjalani rapid test. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 35 warga di wilayah Kota Bunga, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, menjalani skrining awal atau rapid test Covid-19, Sabtu (27/6/2020).

Tes untuk mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus Corona tersebut dijalani oleh karyawan, staf, petugas kepolisian, TNI, dan sejumlah Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Pacet.

Kepala Puskesmas Sukanagalih, Agus Suhendar mengatakan, dalam rapid kali ini, lebih dikonsentrasikan kepada para karyawan yang ada di Kota Bunga, termasuk panitia Pemilu wajib di rapid tes, khususnya di wilayah Pacet.

“Tes ini ditujukan agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus Corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus COVID-19 tidak semakin bertambah,” tuturnya kepada radarcianjur.com, Minggu (28/6).

Agus menyebutkan, hasil rapid tersebut telah diketahui setelah beberapa waktu itu selesai dilaksanakan.

“Hasilnya Alhamdulillah semua negatif reaktif,” ucapnya.

Adapun para petugas yang membantu rapid test tersebut, kata Agus, diantaranya dari tim medis puskesmas, seperti dokter yang dibantu bidan, termasuk tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.

“Seperti pada prosedur yang ditetapkan, bahwa yang membantu melaksanakan rapid tes itu adalah tim medis yang telah ditunjuk Dinas Kesehatan,” katanya.

Agus berharap, dengan cara ini khususnya di wilayah Kecamatan Pacet, akan steril tidak ada Orang Tanpa Gejala (OTG), termasuk ke semua karyawan di Kota Bunga, karena mereka sering bertemu dengan warga pendatang yang masuk ke wilayah itu.

“Mudah-mudahan semuanya bisa terhindar dari Corona. Apalagi kini di wilayah Jabar, khususnya Cianjur kemungkinan akan menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB),” pungkasnya. (dan)