DOB Cisel Akan Jadi Kado di HJC

RADARCIANJUR.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka melengkapi adiminstrasi pembentukan daerah persiapan Cianjur Selatan di Bale Praja, Jumat (3/7). Dari rapat itu menghasilkan sejumlah rencana dalam pemekaran Cianjur Selatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Cianjur, Cecep Alamsyah mengatakan, pada momen hari jadi Kabupaten Cianjur akan ada deklarasi kesepakatan bersama antara DPRD Kabupaten Cianjur dengan Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman.

“Rencanaya kita pada momen Hari Jadi Cianjur, ada deklarasi kesepakatan antara DPRD dengan eksekutif, pak Bupati. Ada empat penandatanganan untuk persetujuan bersama,” ujarnya.

Namun, banyak kabar yang menyebut pemekaran Cianjur Selatan ini ada kaitannya degan Pilkada 2020. Dirinya pun menepis kabar tersebut, bahwa proses ini sudah dilakukan dari awal dan tak ada kaitannya dengan pilkada.

“Kan ini sudah berproses dari awal dan kebutuhan ini saya yakin tak ada kaitan dengan pilkada. Kan kebutuhan mendesak, bahkan ini sudah belasan tahun berprosesnya. Ini progresnya saja bertepatan,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah melengkapi semua persyaratan yang diminta. Ia pun menyebut, akan dilengkapi dengan pemisahan Sumber Daya Manusia (SDM) dan aset.

“Sudah selesai dan akan dilengkapi dengan pemisahan SDM dan aset. Pegawai ASN nanti kita sebagian adata awal sudah perkirakan mana yang nanti akan bekerja di daerah otonomi baru. Jadi kita persiapan itu untuk bahan tanggal 12 Juli, kita samakan dengan momen hari jadi Cianjur,” ungkapnya.

Secara umum, kriteria ASN Cianjur yang ada di kecamatan letaknya di daerah otonomi baru itu diprediksi statusnya akan diubah menjadi pegawai di daerah tersebut.

Untuk penandantangan persetujuan bersama hingga kini belum bisa dipastikan akan digelar di mana.

“Rencananya belum ditetapkan. Ada di Sindangbarang atau di gedung dewan,” paparnya.

Saat ini proses dalam pemekaran Cianjur Selatan tinggal melengkapi dokumen pendukung yakni rencana pengalihan aset dan ASN. (kim)