Awas !!! Dampak Gawai Bagi Kesehatan Anak

EDUKASI: Puluhan siswa saat mengikuti kegiatan sosialisasi pengaruh Gadget (Gawai) terhadap perkembangan anak.

RADARCIANJUR.com – Puluhan siswa mulai dari jenjang SD hingga SMP di wilayah Desa Limbangansari Cianjur ikuti acara sosialisasi pengaruh Gadget (Gawai) terhadap perkembangan anak.

Acara yang digagas oleh Karang Taruna Grantang Setra Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur itu, dihelat di Aula Desa Limbangansari Cianjur.

Selain dihadiri langsung oleh Kepala Desa Limbangansari serta jajarannya dan jajaran pengurus Karang Taruna Grantang Setra, acara tersebut pun dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Desa Limbangansari AIPTU Dindin Solihin, yang juga sebagai pemateri pada acara tersebut.

Dalam pemberian materi pihaknya menyampaikan bahayanya dampak pengaruh gawai bagi anak-anak. Menurutnya, tidak dipungkiri seiring berkembangnya zaman sehingga beragam alat teknologi pun terciptakan, salah satunya gawai, yang tidak dipungkiri pula banyak anak yang menggunakannya.

“Jika anak terlalu sering main gawai tentunya sangat tidak baik untuk kesehatannya,” kata Dindin pada radarcianjur.com, Selasa (7/7/2020).

Adapun beberapa dampak negatif akibat kecanduan bermain gawai terlebih akan merusak mata. Selain itu juga dapat mengganggu kesehatan mental, karena dengan menggunakan gawai anak-anak biasanya bermain game (permainan,red) dengan waktu yang cukup lama, sehingga berdampak juga mengakibatkan anak autisme ataupun akan mengalami gangguan perkembangan otak yang memengaruhi kemampuan penderita dalam berkomunikasi dan berinteraksi, yang biasanya anak akan memiliki sikap menyendiri, depresi dan cemas.

“Hal itu beberapa dampak negatif gawai bagi anak-anak, maka dari itu, kami harapkan pada semua orang tua agar selalu memantau pada anaknya, jika anak menggunakan gawai agar tidak terlalu lama memakainya, terlebih khusus bagi anak di bawah umur jangan dulu diberikan gawai, karena tidak baik bagi kesehatannya,” ujarnya.

Ketua Karang Taruna Grantang Setra Desa Limbangansari, Dandan RJ mengatakan, terselenggaranya kegiatan ini atas kerjasama semua pihak, baik itu pemerintahan Desa Limbangansari, jajaran pengurus karang taruna Grantang Setra, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta pihak lainnya.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar sesuai yang diharapkan, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya anak-anak yang mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Limbangansari, Akhmad Sudrajat mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas kegiatan yang digelar jajaran karang taruna tersebut.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi atas kegiatan yang digelar jajaran Karang Taruna Grantang Setra Desa Limbangansari. Mudah-mudahan kegiatan bermanfaat seperti ini terlaksana secara berkesinambungan, dan bermanfaat bagi kita semua, dan diharapkan dapat diimplementasikan oleh anak-anak yang mengikuti kegiatan ini khususnya, di lingkungannya masing-masing, baik pada keluarganya maupun temannya,” harapnya.(ndk)