Resmi Dibuka, Tiket Masuk Kebun Raya Via Online. Segini Harganya!!

PENGUNJUNG: Sejumlah pengunjung saat akan memasuki kawasan objek wisata Kebun Raya Cibodas usai resmi dibuka. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kebun Raya Cibodas (KRC), Cipanas, Kabupaten Cianjur resmi dibuka untuk umum. Namun sedikit berbeda, karena pembayaran masuk ke wisata alam tersebut kini melalui akses online.

Direktur Supporting & HR PT Mitra Natura Raya Untuk Kebun Raya, Rumpoko Hadi mengatakan, kali ini wisata sehat yang disajikan Kebun Raya Cibodas-LIPI telah mulai dibuka, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami sebagai mitra yang dipercaya oleh LIPI dalam mengelola Kebun Raya, tetap mengikuti imbuhan pelayanan secara umum yang dijalankan,” katanya kepada radarcianjur.com, usai peresmian, Selasa (7/7/2020).

Ia menyebut, sejak ditutup sementara mulai 19 Maret 2020 lalu, dan kini mulai opening di era new normal, pihaknya telah mempersiapkan segala sarana dan prasarana dengan menyesuaikan imbauan pemerintah, khususnya segi kesehatan bagi para pengunjung.

“Kita sangat perhatikan standar operasional (SOP) tentang protokol kesehatan. Termasuk lebih dulu SOP bagi karyawan, office beserta petugas lainnya di KRC ini,” ujarnya.

Bagi para pengunjung pun, kata Rumpoko, telah disiapkan tempat cuci tangan, harus menggunakan masker, dan tetap diimbau untuk jaga jarak.

“Kita lengkapi dengan tanda mana yang boleh di dudukin atau yang dilarang. Jadi secara umum diterapkan untuk pengunjung di seluruh kawasan KRC,” katanya.

Adapun teknis masuk ke Kebun Raya ini, ujar Rumpoko, tak begitu berbeda. Namun masih dibatasi untuk fase awal ini dengan mengandalkan beli tiket secara online.

Akan tetapi, lanjutnya, demi menjaga pengunjung secara tiba-tiba ingin berwisata ke kebun raya, itu tetap bisa masuk dengan menggunakan cash berupa kartu debit.

“Kita tetap meminimalkan sekali penggunaan uang cash dalam teknis pembayarannya. Dengan tiket seharga Rp 16.500 per orang,” katanya.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, dibukanya kembali objek wisata kebun raya ini, merujuk pada Surat Keputusan (SK) Kepala LIPI Nomor 155/F/2020 tentang pembukaan kembali layanan di lingkungan LIPI.

Termasuk disertai dengan sejumlah protokol kunjungan di kawasan Kebun Raya Bogor, Senin (6/7/2020) ini, dengan tetap melalui persiapan matang dan penyiapan sarana prasarana sesuai protokol pencegahan penularan COVID-19 yang ditetapkan otoritas kesehatan dan koordinasi intensif dengan pemerintah daerah setempat.

“Kebun raya akan kembali dibuka dengan protokol kunjungan yang baru,” kata Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko dalam siaran pers yang diterima radarcianjur.com, Senin (6/7/2020). (dan)