Supir dan Penumpang Terminal Pasir Hayam Jalani Rapid Test

STOP PENYEBARAN: Supir bus, kendaraan umum antar kota dan penumpang menjalani rapid test di Terminal Pasir Hayam, Rabu (8/7). (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cianjur, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cianjur melakukan rapid test kepada sejumlah supir bus, angkutan antar kota dan penumpang di Terminal Pasir Hayam terlebih bagi mereka yang datang dari luar Cianjur pada Rabu (8/7).

Kurang lebih 60 personel gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Satpol PP dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur diterjunkan dalam rapid test massal ini.

Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Asep Suparman mengatakan, melaksanakan rapid test ini sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 melalui masyarakat yang sudah dari luar kota.

“Bukan hanya rapid test saja, ada swab test juga. Kita upayakan supir dan penumpang untuk rapid test di pusat keramaian seperti terminal,” ujarnya.

Kurang lebih 100 supir bus dan penumpang pun mengikuti rapid test yang sudah melakukan perjalanan dari luar Kabupaten Cianjur. Di sisi lain, pihaknya pun mengarahkan kepada supir bus maupun penumpang untuk tetap melakukan protokol kesehatan meskipun saat ini menjelang new normal.

“Jadi protokol kesehatan masih berlaku seperti di bus menjaga jarak. Artinya new normal ini harus ada pembatasan juga,” jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0608/ Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani mengungkapkan, TNI khususnya Kodim 0608/ Cianjur turut membantu dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cianjur terlebih menjelang new normal.

“Perlu kita ketahui, terminal ini kan menjadi lintasan dari berbagai kota, maka sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 kita lakukan rapid test ini. Selain itu, menjelang new normal dan pembukaan di beberapa tempat wisata pun kita menempatkan anggota juga,” paparnya. (kim)