Maaf, Hari Jadi Cianjur ke 343 Tahun Ini Tanpa Pawai dan Kemeriahan

RADARCIANJUR.com – Peringatan Hari Jadi Cianjur (HJC) yang ke 343 tahun ini menjadi berbeda, karena dilaksanakan di masa new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Sejumlah perayaan dan pesta rakyat yang biasa dihelat, kini mesti sirna sementara akibat ada kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Iyus Yusuf mengungkap, rangkaian kegiatan HJC tahun ini cukup berbeda bahkan dilakukan secara sederhana karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Tahun ini digelar secara sederhana, tapi tidak mengurangi makna Hari Jadi Cianjur,” kata Iyus kepada radarcianjur.com saat dikonfirmasi, Kamis (9/7/2020).

Adapun tema yang diangkat HJC tahun ini yakni, ‘Melalui Hari Jadi Cianjur ke-343, Bersama Hadirkan Semangat Membangun Cianjur’.

Selain itu, Iyus menjelaskan, sejumlah rangkaian acara khidmat nan sederhana telah direncanakan. Yang pertama, sholat subuh berjamaah, Jumat 10 Juli 2020, kemudian Istighosah atau doa bersama mulai pukul 5.30 Wib.

“Setelah itu, bakal ada ziarah ke makam Cikundul, Cianjur,” tambahnya.

Selain itu, papar Iyus, akan digelar upacara HJC ke 343 secara live dan terbatas secara virtual pada Minggu ( 12/7/2020). Yang disusul rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur.

“Jadi segala bentuk kegiatan tersebut juga tetap menggunakan protokol kesehatan dengan dihadiri Forkompimda yang terbatas, tidak akan begitu banyak orang,” katanya.

Dalam logo Hari Jadi Cianjur ke 343 ini pun, kata Iyus, lebih mengangkat kembali semangat sugih mukti yang menjadi lambang Kabupaten Cianjur dengan diaplikasikan pada warna-warna di angka.

“Yang dimaksud itu lebih ke tatar Jawa barat yang di tandai dengan lambang Kujang,” ujarnya. (dan)