Warga Campaka Disekap dan Disiksa di Arab Saudi. Mulut dan Hidungnya Sempat Mengeluarkan Darah

RADARCIANJUR.com – Seorang Pekerja Migram Indonesia (PMI) asal Desa Sukajadi, Kecamtan Campak, Siti Aisah binti Sahimi Nurman (42), disekap pihak agency Riyadh Arab Saudi hingga mengalami sakit.

Berdasarkan informasi yang didapat RADARCIANJUR.com, Siti Aisah berangkat ke kawasan Timur Tengah pada bulan Junuari 2020, melaui PT Sahara yang beralamt di Jakarata, dengan melibatkan tiga orang calo.

Selama di Arab Saudi Siti Aisah diperlakukan layaknya seorang budak belian, lantaran ia diberangkatkan melalui jalur non prosudural.

Anak kandung Siti Aisah, Angga Gilang Prayoga (23) mengatakan, awalnya, ia tidak mengetahui bahwa ibunya berangkat kerja ke Arab Saudi, ia mengetahui ibunya ada Riyadh, setekah mendapat kiriman pesan singkat dari ibunya yang mengatakan bahwa mengalami sakit dan disekap di oleh pihak agency di Riyadh.

 “Saya tidak tau ibu berangkat, tau-tau ada kabar ibu sakit dan disekap,” kata Gilang kepada RADARCIANJUR.com, Rabu (15/7/2020)

Ia mengatakan jika melihat foto yang dikirin melalui watsapp, terlihat dari hidung dan mulut mengeluarkan darah.

“Yang saya sesalkan kenapa beliau harus dikurung,” ujarnya.

Ia mengatakan, karena tak tega mendengar penderitaan ibunya di Timur Tengah, ia berinisiatif meminta pendampingan DPC Astakira Cianjur untuk mengurus ibunya yang saat ini disekap

 “Awalnya saya bingung haru kemana minta tolong, alhamdulillah ada teman ngajak ke kantor astakira,” kata Angga.

Ketua DPC Astakira Cianjur Ali Hildan mengatakan, terkait kasus penyekapan Siti Aisah sudah ditindaklanjuti

 “Kami sudah mengdukan kasusnya ke BP2MI,” kata Ali.

Menurut Ali, Siti Aisyah diduga menjadi korban perbudakn modern, karena sejak tahun 2015 tidak ada lagi pemberangkatan pekerja migran ke kawasan Timur Tengah setelah adanya moratorium kepmen 260.

 “Kami sudah mencoba berupaya menghubungi pihak oknum sponsor atau perusahaannya, naumun tidak ada itikad baik untuk memulangkanya ke tanah aiar,” katanya. (dil)