Bawaslu Kabupaten Tanggungjawab Terakhir Penanganan Pilakada

Anggota Bawaslu RI, Dr Ratna Dewi Pettalolo SH MH

RADARCIANJUR.com – Pada pelaksanan Pikada Cianjur di masa pandemi covid-19, Bawaslu harus bisa memastikan seluruh proses penyelenggaraan pengawasan, penanganan pelanggaran dan persiapan penyelesaian sengketa itu berjalan dengan baik.

Anggota Bawaslu RI, Dr Ratna Dewi Pettalolo SH MH, mengatakan, tanggung jawab terakhir dari pelaksanaan tahapan Pilkada berada di Bawaslu kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada.

“Sesuai dengan amanat undang-undang 10 tahun 2016 ya pemilihan kepala daerah kewajiban Bawaslu itu memastikan seluruh proses berjalan dengan baik,” kata Ratna kepada RADARCIANJUR.com di Kantor Bawaslu Cianjur Jumat (17/7/2020)

Ia mengatakan kunjunganya ke Kabupaten Cianjur untuk memastikan kesiapan Bawaslu tingkat Kabupaten dalam hal kesiapan pengawasan Pilkada.

“Penting bagi kami untuk melihat langsung melakukan supervisi, bagaimana kesiapan persiapan teman-teman soal anggaran kemudian soal persiapan jajaran export kemudian soal kesiapan sarana pendukung, juga hal-hal lain terkait dengan penanganan pelanggaran,” katanya

Menurutnya Bawalu Kabupaten Cianjur telah melaksanakan pengawasan verifikasi dokumen perseorangan.

“Teman teman di tingkat Kabupaten punya gaya kerja masing-masing untuk melaksanakan pengawasan sehingga mereka tahu apa yang harus mereka awasi,” ujarnya. (dil)