Disparpora Cianjur Bakal Buat Grand Design Wisata di Cipanas, Seperti Apa?

Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, Yudi Ferdiana. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Dalam rangka mendukung potensi wisata di Kabupaten Cianjur, khususnya wilayah metropolitan Cipanas, Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Cianjur, bakal segera membuat grand design untuk membuat wisata yang lebih baik.

“Kita akan segera merencanakan grand design untuk membuat wisata lebih baik sesuai dengan instruksi Bupati,” kata Kadisparpora, Yudi Ferdiana kepada radarcianjur.com, usia mendampingi kunjungan Plt Bupati Cianjur kemarin, di Cibodas, Cipanas.

Namun, saat ditanya bagaimana konsep yang akan disuguhkan pemerintah dalam mendongkrak pariwisata tersebut, pihaknya belum bisa menjelaskan secara gamblang. Sebab masih proses koordinasi bersama instansi dan kedinasan lain.

“Sekarang kami masih berkoordinasi dulu bersama kedinasan maupun dengan kecamatan, dan instansi terkait. Baru kita akan sampaikan,” ujar Yudi.

Meski begitu, Yudi menegaskan, bahwa pada intinya konsep yang nanti digulirkan tidak akan merugikan masyarakat, termasuk kepada para pengunjuk yang sedang berwisata di wilayah tersebut.

“Saya akan membuat tulisan besar untuk mengembangkan wisata khusus yang di daerah areal ini,” ucapnya.

Bahkan Yudi menyingung, dalam waktu dekat ini, khusus untuk objek wisata pendakian ke Gunung Gede Pangrango, akan segera dibuka.

“Jadi beriringan dengan itu, sambil masarakat kembali merenovasi untuk berekonomi khususnya di ODTW Cibodas, kami pun tetap akan mempromosikan wisata ini,” katanya.

Termasuk, lanjut Yudi, dalam penekanannya di masa pendemi ini, baik kepada para pengusaha objek wisata maupun pengunjung yang datang, itu harus tetap memperhatikan protokol kesehatan serta prinsip utama yakni kepercayaan.

“Intinya bagi para wisatawan yang akan datang ke Cianjur itu mesti saling percaya. Meraka datang ke Cianjur ini dalam keadaan sehat. Begitu juga dengan kami di sini, harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Sehingga rasa kepercayaan itu tumbuh, dan ekonomi wisata Cianjur pun kembali pulih,” pungkasnya. (dan)