Mpok Omas Sudah Tidak Bisa Bicara Sebelum Tutup Usia

Komedian Omaswati meninggal dunia

RADARCIANJUR.com – Komedian Omaswati meninggal dunia tadi malam sekitar pukul 19.30 WIB setelah berjuang melawan penyakit yang dideritanya. Sang adik, Mastur mengatakan bahwa kondisi sakit sang kakak memang sudah cukup lama.

Dia menyebut, pelawak yang naik daun lewat Lenong Betawi itu sudah mengalami beberapa jenis penyakit alias komplikasi. “Dia sakitnya ada gula, ada maag, ada paru-paru juga. Dia ngerasain sakit tapi nggak pernah ngomong,” kata Mastur saat ditemui di rumah duka di bilangan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/7).

Mastur mengatakan, Omas selama ini sudah tidak bisa mengeluarkan suara. Meskipun berbicara, kata-kata yang diucapkannya tidak dapat mengeluarkan suara. Komunikasi almarhumah pun dengan keluarga hanya mengandalkan gerakan tubuh dan bahasa isyarat. Omash mengalami sakit yang cukup serius sejak bulan Ramadan kemarin.

“Memang dia sendiri sudah nggak bisa ngomong, cuma gerakan aja. Kalau ditanya ada duit nggak buat berobat? Dia bilang ada tapi nggak ada suara, cuma gerak bibir aja,” tuturnya.

Di mata Mastur, Omas termasuk kakak yang baik, ceria dan selalu menghibur lewat kata-kata yang diucapkannya. Mastur kemudian teringat saat dulu dia masih sering satu panggung di acara acara lawakan dan beberapa judul sinetron. Omas dalam amatannya sangat profesional terkait masalah pekerjaan dan uang.

“Dia orangnya profesional. Walaupun sama adik sendiri dia selalu memperlakukan kayak orang lain. Jadi enak tektokannya,” paparnya.

Mastur mendoakan agar Omas mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan. Dia meminta masyarakat membukakan pintu maaf untuk almarhumah atas semua kesalahan yang telah dia perbuat selama hidup. Baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

“Semoga diampuni segala dosanya, diterima amal ibadahnya, semua kebaikannya dan diterima iman Islamnya. Serta keluarga yang ditinggalkan mudah-mudahan ditabahkan,” doanya.

Omas meninggal di usia 54 tahun. Dia meninggalkan tiga orang anak. Jenazahnya dimakamkan pagi ini di bilangan Depok yang lokasinya tidak jauh dari rumah duka.(jwp)