Bekerja di Jakarta, Satu Warga Cipanas Dinyatakan Positif Covid-19

Ilustrasi Positif Corona
Ilustrasi Positif Corona

RADARCIANJUR.com – Seorang pria berinisial AB (50) yang diketahui bekerja di Jakarta, dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan rapid test dan swab beberapa waktu lalu oleh tim medis setempat.

Warga yang berdomisili di wilayah Kecamatan Cipanas itu, menurut informasi, merupakan seorang pekerja swasta dan pulang ke rumahnya dengan dijemput anggota keluarga pasien, setelah diketahui sakit lambung. Kini pasien telah dilakukan perawatan intensif dan karantina di RSUD Cimacan.

“Menurut informasi dan laporan yang didapat dari puskesmas Cipanas, memang ada satu warga Kecamatan Cipanas yang dinyatakan positif. Tapi itu juga dari Jakarta. Bahkan beberapa hari kemarin juga sudah dikarantina di RSUD Cimacan,” kata Camat Cipanas Latip Ridwan saat dikonfirmasi radarcianjur.com, Senin (20/7) sore.

Atas adanya informasi tersebut, kata Latip, pihaknya telah berkoordinasi dan melakukan penanganan bersama tenaga kesehatan, guna antisipasi pencegahan penularan ke warga lainnya.

“Kemarin Senin kami bersama petugas kesehatan, pemerintah desa setempat telah datang ke lokasi. Untuk dilakukan skrining awal terhadap anggota keluarga lainnya,” katanya.

Ia sangat mengimbau, kepada warga Cipanas agar tetap tenang, dan jangan terpancing isu yang belum pasti kebenarannya. Sehingga jika ada informasi apapun, bisa dikonfirmasi terlebih dahulu jangan asal share.

“Kami dari Forkompimcam Cipanas, baik Kapolsek, Danramil akan sangat sigap menanggapi apa-apa yang terjadi di masyarakat khususnya warga Kecamatan Cipanas,” katanya.

Terpisah, Juru bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr. Yusman Faisal mengaku, telah menerima laporan yang disampaikan Puskesmas Cipanas kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.

Namun dalam laporannya mengatakan bahwa satu warga dari Jakarta yang dinyatakan positif itu justru masih reaktif.

“Laporan ke Dinkes masih reaktif dan sudah diisolasi sekarang kang,” katanya kepada radarcianjur.com.

Bahkan tindak lanjut yang telah dilakukan di wilayah Kecamatan, satu warga dan anggota keluarganya itu telah menjalani rapid test.

“Keluarganya non reaktif semua. Setelah di rapid test kemarin,” ujarnya.

Sementara itu, pihak Puskesmas Cipanas saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, belum bisa menjawab dan memberikan informasi terkait kasus Covid-19 di wilayahnya tersebut. (dan)