Satu Warga Cipanas Positif Covid-19, Pemdes dan Tim Medis Turun Tangan

PENYULUHAN: Tim medis bersama unsur pemerintah setempat melakukan penyuluhan kepada sejumlah warga di wilayah sekitar Cipanas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sejumlah petugas medis dan pemerintah desa setempat mendatangi salah satu kampung yang berada di Kecamatan Cipanas, Senin (20/7/2020) siang.

Berdasarkan informasi yang didapat, para tenaga kesehatan yang didampingi pemerintah, termasuk TNI Polri, hendak akan memberikan penyuluhan tentang bagaimana pentingnya menjaga supaya tidak tertularnya virus Covid-19 atau Corona.

Kepala Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Nyanyang Sanusi membenarkan adanya salah seorang warganya yang terpapar virus Corona. Namun ia mengungkapkan, bahwa secara kronologisnya itu pada Jum’at siang, setelah mendapati laporan dari bidan desa, pasien tersebut merupakan warga yang bekerja di Jakarta.

BACA JUGA : Bekerja di Jakarta, Satu Warga Cipanas Dinyatakan Positif Covid-19

“Jadi pasien yang sekaligus warga beridentitas Sindanglaya itu bekerja di Jakarta. Bahkan saat pulang ke sini pun sudah dalam keadaan sakit lambung,” katanya.

Dengan adanya informasi tersebut, pemerintah desa langsung berkoordinasi dengan tim gugus tugas kecamatan, termasuk Camat, puskesmas, dan unsur lainnya.

“Bahkan saya langsung mengintruksikan kepada RT RW setempat untuk melakukan antisipasi dini dengan cara penyemprotan disinfektan ke wilayah tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut, Nyanyang berujar, pihaknya telah melakukan upaya lain, Senin kemarin dengan cara memberikan penyuluhan dan menenangkan warganya agar tidak terlalu panik.

“Alhamdulillah kami sudah berusaha menenangkan warga sekitar dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat sekitar bersama tenaga kesehatan di Cipanas,” katanya.

Sementara itu, pihak Puskesmas Cipanas saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, belum bisa menjawab dan memberikan informasi terkait kasus Covid-19 di wilayahnya tersebut. (dan)