Warga Sukamulya Sambut Hari Jadi Kecamatan Cikadu dengan Bersih-bersih

GOTONG ROYONG: Jelang hari jadi Kecamatan Cikadu, masyarakat bersama-sama membersihkan lingkungan. (Foto: Patriot Desa For Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com– Menjelang hari jadi Kecamatan Cikadu, beberapa elemen masyarakat melakukan gotong royong di sepanjang jalan Kampung Coblong Desa Sukamulya Kecamatan Cikadu.

Selain menyambut hari jadi Kecamatan Cikadu, kegiatan gotong royong tersebut untuk menumbuhkan kebersamaan antar masyarakat dan menjaga lingkungan.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar menjadi cerminan bahwa lingkungan yang bersih menentukan pola hidup sehat di lingkungan masing-masing sehingga diharapkan masyarakat tidak mudah terserang penyakit,” ujar Patriot Desa Sukamulya, Asep Erwin.

Lanjutnya, tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini yakni menumbuhkan rasa tanggung jawab masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana lingkungan akan terasa nyaman, bersih dan fasilitas di sekeliling kita dapat terpelihara dengan baik.

Selain itu, ia merasa prihatin karena budaya gotong royong mulai ditinggalkan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia terutama dikalangan kaum milenial atau pemuda.

“Kita harus budayakan gotong royong, bukan gotong-gotong atau royong-royong. Kita tidak boleh apatis, dan tidak peduli dengan sesama kita, sesama bangsa Indonesia, karena kita satu, kita bersaudara,” ungkapnya.

Kegiatan gorol ini diharapkan dapat terjalin kekompakan, kekeluargaan dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitar Desa dan terciptanya suasana yang nyaman dan sehat.

Menurut Emah Entin (54) salah seorang perempuan tua yang ikut kegiatan gorol ini merupakan kegiatan yang selalu dilaksanakan setiap seminggu sekali, hal ini tidak jauh dari peran Kepala Desa Sukamulya, Hendra Hendarin yang selalu mengerahkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga dan menumbuhkan budaya gotong royong, bahkan terkadang pak kadesnya sendiri suka ikut berbaur bersama masyarakat dan berkeliling ke setiap pelosok desa Sukamulya. (kim)