Lembur Tohaga Mandiri Dorong Potensi Desa

TERTATA: Lembur Tohaga Mandiri menjadikan setiap desa menonjolkan potensi yang digali. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Keberadaan Lembur Tohaga Mandiri merupakan program kepolisian yang diterapkan di beberapa desa. Seperti halnya di Kabupaten Cianjur. Program tersebut mendorong desa untuk meningkatkan potensi desa yang nantinya bisa menjadi penghasilan bagi desa.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto melakukan kunjungan ke Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu pada Rabu (22/7) bersama jajaran Polres Cianjur.

Dalam kunjungannya, Kapolres Cianjur meminta agar lembur tohaga mandiri bukan hanya sekedar kegiatan seremonial. Namun turut dijaga dan terus diterapkan.

“Kegiatan ini tidak hanya sebagai seremoni saja, karena ini harus berkepanjangan dan dapat menjadi contoh bagi desa lain. Harus terus berlanjut program ini, jangan hanya di awal saja,” ujarnya.

Selain itu, dirinya pun meminta agar semua yang sudah dibuat atau sibangun untuk dijaga dan dilestarikan yang nantinya dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar.

“Setiap desa pasti memiliki potensi yang bisa digali, rata-rata sama. Nah potensi ini bisa menjadi sumber pendapatan warga sekitar,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Tanjungsari Waldi Akbar mengungkapkan, rencananya desanya akan dibuatkan wisata edukasi seperti kebun hydroponik dan juga ternak lele.

“Insya allah jika memungkinkan itu akan jadi rencana kita untuk mendorong pariwisata desa semacam wisata edukasi,” tutupnya. (kim)