PCNU Cianjur dan Bank Mandiri Jalin Kesepakatan

Penandatanganan kesepakatan bersama antara PCNU Kabupaten Cianjur dengan Bank Mandiri di aula kantor PCNU Kabupaten Cianjur. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Cianjur melakukan penandatanganan kesepakatan bersama Bank Mindiri. Adanya penandatanganan kesepakatan tersebut, PC NU mendapat kepastian membantu pemulihan ekonomi umat pascapandemi Covid-19.

Ketua PCNU Cianjur KH Choirul Anam MZD mengatakan, ada sembilan poin kesepakatan yang dikerjasamakan dengan Bank Mandiri.

“Dalam masalah membantu memulihkan perekonomian umat, NU tak bisa berjalan sendiri, kami bersyukur ada 9 poin kesepakatan yang dikerjasamakan dengan Bank Mandiri,” katanya kepada RADARCIANJUR.com Rabu (22/7/2020).

Menurutnya, salah satu poin yang akan dikerjasamakan adalah pendirian NU Mart, sebuah minimarket serba ada yang direncanakan akan ada di setiap kecamatan.

“Supaya lebih cepat akselerasinya kami berharap NU Mart dikemas baik melalui kerjasama, kami juga punya lembaga pertanian untuk membantu para petani Cianjur,” ujarnya.

Ia mengatakan, setelah terjadi kesepakan bersama saat ini pihaknya mengagendakan untuk mengadakan pelatihan SDM.

“Kerjasama ini harus ditunjang dengan persiapan SDM, secara parsial dari lembaga akan merumuskan soal sistem tapi penting juga menyiapkan SDM karena kami akan melaunching akhir Agustus ini,” katanya.

Vice Presiden Bank Mandiri Area Sukabumi Suhedi mengatakan, dengan adanya penandatanganan kesepakatan bersama ia berharap produk dari Mandiri bermanfaat untuk warga Cianjur.

“Beberapa program seperti funding atau kemitraan, tabungan, kredit, kerjanya dengan PCNU Cianjur ini kami siapkan sepanjang dibutuhkan,” katanya.

Suhedi berharap dengan adanya kerjasama, Nahdlatul Ulama Cianjur benar-benar mandiri dari sisi ekonomi.

“Kerjasama ini mencakup semua layanan bank Mandiri, seperti di pesantren dan masjid ada sodaqoh, infak, zakat, ini bisa dilakukan melalui quick respons Indonesian standar jadi transaksi melalui online langsung masuk kas NU,” katanya.

Ia mengatakan, hal lainnya yang dikerjasamakan seperti tabungan santri melalui tabungan simpanan pelajar.

“Tujuannya tentu mengenal lebih dini tentang tabungan, menangkap peluang dan melayani kebutuhan, kami juga ada kredit usaha kecil,” katanya.

Ia mengatakan, apa yang dilakukan Bank Mandiri sejalan dengan program pemerintah yakni pemulihan ekonomi nasional. Hal tersebut sesuai dengan arahan presiden untuk memulihkan ekonomi pascapandemi covid-19 bagi usaha kecil dan menengah,

“Berharap dengan kegiatan ini bisa mempercepat pemulihan ekonomi membangun wilayah Cianjur,” katanya.(dil)