Saksi Bisu Sejarah, Tiang Listrik dari Kayu Zaman Belanda Ini Masih Tetap Berdiri

KOKOH BERDIRI: Tiang listrik dari kayu ini masih tetap tegak berdiri di tengah keramaian Kota Cianjur. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com– Lalu lalang dari hiruk pikuk masyarakat Jalan Resimen Tangerang Kampung Bojongmeron Kelurahan Solokpandan nampaknya tidak menyadari keberadaan saksi bisu zaman Belanda. Tegak berdiri dan tak lekang oleh waktu. Ya, tiang listrik terbuat dari kayu masih tetap kokoh diantara tiang listrik yang terbuat dari besi.

Berlumuran lumut dan terlihat kusam, seakan tak membuat tiang listrik tersebut akan roboh. Meski zaman sudah berganti, tiang tersebut masih setia berada di jalan dengan lebar kurang lebih dua meter yang dihiasi para pedagang.

Katma (64) warga sekitar yang lama tinggal menuturkan mengenai keberadaan tiang bersejarah tersebut. Meski sudah lama, dirinya tidak menyadari keberadaannya.

“Dari saya remaja sudah ada, tapi kalau pasti kapannya ada saya tidak tau, ujarnya.

Seingatnya, tiang listrik tersebut terakhir digunakan sekitar tahun 90 an. Keberadaannya tetap masih menjadi salah satu peninggalan sejarah yang harus dijaga, terlebih posisinya berada di jantung Kota Cianjur.

Pecinta Sejarah, Aris menuturkan, dirinya pun tidak mengetahui keberadaan tiang listrik dari kayu tersebut.

“Saya tidak tau sama sekali, tapi itu harus dijaga jangan sampai dipindahkan atau dirubuhkan. Itu salah satu saksi sejarah juga,” jelasnya. (kim)