SMAN 1 Cianjur Didatangi Badan Intelijen Negara

Tim Dekontaminasi BIN melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di lingkungan SMAN 1 Cianjur. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCINJUR.com – Tim Velox dari Badan Intelijen Negara (BIN) datang ke SMA Negeri 1 Cianjur untuk mengedukasi adaptasi kebiasaan baru di masa Pandemi Covid-19.

Tim velox, Wahyu Wijaya, mengatakan BIN ingin mencakup semua sekolah untuk menularkan adaptasi kebiasaan baru.

“Kami sebetulnya ingin mencakup area seperti sekolah ini seluas-luasnya, namun karena keterbatasan jadi kami memulai dengan mensosialisasikan dan edukasi di SMA Negeri 1 Cianjur ini, diharapkan nanti SMA ini akan menjadi model atau yang terdepan untuk menyebarkannya ke sekolah-sekolah lainnya,” ujar Wahyu di SMA Negeri 1 Cianjur, kepada. RADARCIANJUR.com Rabu (22/7/2020).

Wahyu mengatakan Tim Velox menyampaikan materi kegiatan sosialisasi dan edukasi adaptasi kebiasaan baru.

“Seperti diketahui pemerintah telah mengganti istilah new normal menjadi adaptasi kebiasaan baru karena sebagian besar masyarakat itu masih ada yang salah menilai atau salah menganggap bahwa new normal itu adalah kembali normal seutuhnya, jadi agar lebih mudah dimengerti dan juga lebih mudah dipahami dan implementasikan oleh masyarakat pemerintah mengganti istilah itu dengan adaptasi kebiasaan baru,” katanya.

Wahyu mengatakan Tim Velox juga terdiri dari medis dari dokter dan ahli strategis lainnya.

“Tim dekontaminasi itu sendiri utamanya dua untuk mensterilkan atau membersihkan lingkungan misalnya saat ini lingkungan SMA Negeri 1 Cianjur dari peluang potensi adanya virus yang menempel di area sekolah. Tim dekontaminasi itu sendiri dibagi menjadi dua yaitu ada yang dilengkapi dengan kendaraan mobil taktis jadi dengan kendaraan dia berkeliling ke area sekolah menyemprot seluruh bangunan luar dan juga tim perseorangan juga masuk ke ruangan ruangan dan juga ke titik-titik yang sempit untuk menyemprotkan cairan disinfektan,” katanya.

Kepala SMA Negeri 1 Cianjur, Agam Supriyanta mengapresiasi kedatangan tim velox BIN bersama tim sosialisasi dan tim dekontaminasi.

“Saya berterima kasih kepada BIN yang sudah datang ke sekolah. Saat ini sedang dilakukan AKB di sekolah. Informasi yang disampaikan oleh BIN seputar sosialisasi AKB di masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, sosialisasi dilakukan pada siswa dan berharap siswa selanjutnya akan menyampaikan kepada teman lain.

“Gaungnya diharapkan bisa menyebar materinya protokol aktivitas di sektor pendidikan harus seperti apa. Proses belajar saat ini di sekolah di satuan pendidikan setingkat SMA masih online dari rumah, komunikasi pembelajaran mengacu kepada petunjuk teknis dari provinsi Jabar,” katanya.(dil)