Soal Pencurian di Kantor Desa Sukatani, Ini Kata Camat Pacet

Camat Pacet, Kabupaten Cianjur Yudi Suhartoyo. Foto : Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Camat Pacet, Kabupaten Cianjur, Yudi Suhartoyo mengaku, bahwa dirinya telah meminta keterangan dan kronologis kepada sejumlah orang desa yang saat itu adanya kehilangan uang dan barang berharga ketika ditinggal kosong, Kamis (23/7/2020) lalu.

“Kami langsung konfirmasi ke yang bersangkutan atas kejadian di kantor Desa Sukatani waktu itu. Ternyata benar uang dan beberapa barang tersebut disimpan di kantor desa. Bahkan saat kejadian, yang bersangkutan dan staf desa lainnya sedang di luar,” tutur Yudi kepada radarcianjur.com, Senin (27/7/2020).

Yudi mengatakan, berdasarkan keterangan yang bersangkutan, dalam hal ini Sekretaris desa (Sekdes) Sukatani, bahwa pihaknya siap bertanggung jawab untuk mengganti uang yang hilang sesuai dengan pernyataan yang dibuat di Polsek Pacet.

“Dalam pernyataan bersangkutan, tempo yang disanggupi yakni selama dua Minggu akan mengganti uang yang hilang tersebut,” jelasnya.

Pemerintah kecamatan pun, kata Yudi, telah memberikan peringatan dan imbauan atas kejadian tersebut, agar lebih meningkatkan kinerja dan tanggung jawab selaku aparat desa.

“Saya berikan imbauan agar bisa belajar dan lebih mengambil hikmah dari kejadian itu,” katanya.

Termasuk, lanjut Yudi, bahwa pihaknya akan memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku jika yang bersangkutan tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan itu.

‘Bisa kita laporkan ke pihak yang berwenang jika akhirnya tidak bertanggung jawab,” tegasnya. (dan)