Sejarah Baru, Desa Cimacan Gelar Pemilihan RT Serentak

SERENTAK: Pemilihan ketua Rt di Desa Cimacan serentak digelar di 57 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Cianjur, menggelar pemilihan ketua Rukun Tetangga (Pilkaret) secara serentak di 57 Tempat Pemungutan Suara (TPS), Senin (3/8/2020).

Kepala Desa Cimacan, Deden Ismail mengatakan, pemilihan kali ini dilakukan secara serentak demi menumbuhkan rasa demokrasi dan transparansi masyarakat terhadap pimpinan wilayah RT masing-masing.

“Ini merupakan sejarah adanya pemilihan ketua Rt secara serentak. Karena sebelumnya belum pernah ada Pilkaret seperti ini,” kata Deden kepada radarcianjur.com, Senin (3/8).

Dalam gelarannya, teknis pemilihan ketua Rt tersebut telah disiapkan sekitar tiga bulan lalu. Dengan mengusung pemilihan umum yang secara umum sering dilaksanakan.

“Kami support anggaran untuk masing-masing TPS dari APBDes Cimacan, supaya perguliran uang masyarakat bisa dirasakan juga oleh masyarakat,” ujarnya.

Deden menyampaikan, rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga dalam pelaksanaan Pilkaret ini. Karena tanpa antusias dan kebersamaan masyarakat, pesta demokrasi pun tak akan berjalan.

“Dengan adanya Pilkaret seperti ini diharapkan masyarakat bisa lebih menumbuhkan rasa demokrasi dan percaya, bahwa adanya RT itu sangat penting sebagai ujung tombak kepentingan warganya,” katanya.

Deden menyebut, setelah pelaksanaan Pilkaret, akan segera dilakukan pemilihan ketua RW di tanggal 6 mendatang. “Jadi sesuai aturan desa yang dibuat, pemilihan RW nanti digelar oleh ketua RT dan masyarakatnya,” ucap Deden.

Ketua BPD Cimacan, Ilyas menyampaikan rasa apresiasi adanya pemilihan RT serentak kali ini.

“Ini sejarah baru bagi pemerintahan Desa Cimacan. Karena sebelumnya belum pernah ada pemilihan seperti ini. Alhamdulillah kita bisa laksanakan tahun ini,” ucapnya.

Ketua Forum RT/RW Desa Cimacan, Mulyana menambahkan, mari tingkatkan kualitas dan pelayanan bersama untuk masyarakat.

“Dengan pemilihan ketua Rt ini semoga kita bisa sama-sama bekerja demi masyarakat, dan membantu pemerintah dalam pelayanan bersama,” katanya. (dan)