BNN Jabar Launching Desa Bersih Narkoba di Cianjur

USAI TANDA TANGAN: Kepala BNN Jabar, Cianjur, dan Pemda Cianjur foto bersama usai menandatangani kesepakatan. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa barat, bersama Pemerintah Kabupaten Cianjur menggelar launching desa bersih narkoba, di Aula Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, Rabu (5/8/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BNN Jawa barat, Kepala BNN Kabupaten Cianjur, Plt Bupati yang diwakili Asda 1, Kapolres Cianjur yang diwakili Kapolsek Pacet, Camat Pacet dan Cipanas, para kepala desa dan forkopimcam di dua wilayah.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa barat, Brigadir Jenderal (Pol) Sufyan Syarif mengapresiasi pemerintah kabupaten Cianjur yang telah membuat satu sistem jaringan regulasi pemberantasan, penanggulangan dan rehabilitasi narkotika mulai ke desa-desa, RT RW hingga ke rumah-rumah warga seperti ini.

“Ini merupakan satu bentuk ketahanan keluarga bahkan nasional untuk penanggulangan narkoba. Karena masalah narkotika ini bukan main-main,” katanya kepada wartawan saat jumpers, Rabu (5/8/2020).

Selain masalah di seluruh dunia, narkotika juga merupakan problem di desa-desa khususnya di Jawa Barat.

“Desa Urban ini adalah sasaran peredaran narkotika. Kami juga sudah membuktikan berapa kali tangkapan,” ujarnya.

Sufyan menyebut, sejumlah daerah yang menjadi sasaran peredaran narkoba di wilayah Jawa barat ini diantaranya, Bogor, Cianjur, Sukabumi.

“Ini yang paling banyak di Jawa Barat. Setelah itu baru Bandung dan sekitarnya. Baik untuk penggunaannya maupun peredarannya,” ucapnya.

Selain itu, Sufyan mengatakan, daerah yang cukup rawan penggunaan narkoba yakni, Bandung disusul Depok dan Cianjur.

“Dengan program seperti ini sangat efektif, karena masyarakat akan lebih sadar dan menjadi budaya lokal untuk melawan peredaran narkoba di seluruh wilayah yang ada di Jawa barat,” katanya.

Kepala BNN Kabupaten Cianjur, AKBP Basuki menambahkan, adanya launching desa bersinar di Kecamatan Pacet ini merupakan pelaksanaan yang akan digelar semua di desa-desa lain.

“Mudah-mudahan program ini bisa lebih efektif, demi menekan angka peredaran dan penggunaan narkoba di semua wilayah khususnya di Cianjur, dan provinsi Jawa barat, “pungkasnya. (dan)