Empat Desa di Cianjur Selatan Sudah Mulai Kekeringan

Dok: Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Di sejumlah daerah di Indonesia sudah dilanda kekeringan, tak sedikit yang kesulitan untuk mendapatkan sumber air. Seperti halnya di Kabupaten Cianjur, empat desa diinformasikan sudah terdampak kekeringan.

Empat desa tersebut yakni Desa Simpang Kecamatan Takokak, Desa Sindanghayu Kecamatan Takokak, Desa Warga Asih Kecamatan Kadupandak dan Parakan Tugu Kecamatan Cijati. Para kepala desa memberikan informasi ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur.

“Jadi empat kepala desa tersebut bukan melaporkan tapi menginformasikan mengenai kekeringan di desanya melalui pesan WA, ini belum kita buatkan laporan mengenai kekeringan,” ujar Staf Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Dede S.

Dari informasi tersebut, nantinya akan dilakukan peninjauan ke lokasi. Sehingga akan ada tindakan yang diambil oleh BPBD Kabupaten Cianjur. Namun saat ini, pihaknya berkoordinasi dengan Relawan Tangguh Bencana (Retana) yang ada di desa dan kecamatan.

“Sebelum kita lakukan langkah tindakan, kita survei dulu ke lokasi dengan dibantu oleh Retana. Nanti apakah perlu dari BPBD untuk datang ke lokasi, baru setelah itu hasil dari survei menentukan akan ditindaklanjutinya seperti apa. Apakah disalurkan air atau dibuatkan penampungan air,” paparnya.

(kim)