Razia Masker Dimulai Lagi! Tak Dipakai Bakal Kenda Denda Rp100 Ribu

Petugas melakukan teguran tertulis kepada warga yang tak mengenakan masker. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Petugas gabungan, melakukan razia penggunaan masker di sejumlah titi di Cianjur, pada razia itu warga yang tidak mengekan masker hanya mendapat sanksi teguran, Senin (10/8/2020)

Kasatpol PP Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetyadhi, mengatakan razia masker dilakukan mengingat kesadaran masyarakat Cianjur dalam menggunakan masker masih rendah.

“Razia ini sebagai bentuk sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 60/2020 tentang Pengenaan Sanksi Administratif terhadap pelanggaran Tertib Kesehatan dalam Pelaksanaan PSBB dan AKB dalam Penanggulangan Covid-19,” kata Hendri kepada RADARCIANJUR.com Senin (10/8/2020).

Menurut Hendri pada razia masker yang dilakukan hari ini, warga yang tidak menggunakan masker hanya mendapat sanksi teguran.

“Bentuk sanksinya masih ringan berupa teguran tertulis. Pengenaan sanksi administratif ini untuk menyadarkan masyarakat agar menertibkan diri untuk menggunakan masker,” ujarnya

Hendri mengatakan penerapan denda untuk para pelanggar akan dilakukan setelah sosialisasi betul-betul maksimal.

“Denda dikategorikan sanksi berat. Besarannya maksimal Rp100 ribu,” katanya.

Lanjut Hendri razia gabungan melibatkan TNI, Polri, BPBD, serta PMI sementara ini dilakukan di empat lokasi yaitu Jalan Yulius Usman, Jalan Siliwangi, Pasar Induk Pasirhayam, dan di Jalan Mangunsarkoro.

“Untuk saat ini masih satu tim. Minggu depan mudah-mudahan bisa dibentuk dua tim sehingga sosialisasi dan pemberian sanksi ringan bisa lebih efektif,” pungkasnya. (dil)