Puluhan Warga Desa Sukamulya Terserang Chikungunya

Kepala Desa Sulamulya Iman Nurjaman sedang menjenguk warganya yang terserang penyakit chikungunya. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sekitar 30 orang warga Kampung Cilumping, Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang diserang penyakit chikungunya, Kamis (13/8/2020)

Penyakit yang dialami warga di Desa Sukamulya itu, berasal dari gigitan nyamuk aedes albopictus yang membuat warga berbagai usia mengalami lumpuh sesaat dan tak bisa beraktivitas.

Kepala Desa Sulamulya Iman Nurjaman mengatakan, gejala serangan chikungunya yang dialami warga ini, awalnya badan mengalami demam tinggi. Kemudian diikuti rasa nyeri di seluruh persendian dan bintik-bintik merah di kulit. Selanjutnya bagian tubuh lain, seperti kaki dan tangan sulit untuk digerakan atau mengalami kelumpuhan.

“Selain demam, semua tulang rasanya nyeri,” kata Iman kepada RADARCIANJUR.com Kamis (13/8/2020).

Iman mengatakan penyakit chikungunya ini menyerang warga desa tidak serantak, namun secara bergantian. Setelah sejumlah penderita sembuh tidak lama berselang muncul penderita baru dan rata-rata menyerang satu keluarga.

“Ini sudah berlangsung sejak satu minggu kebelakang,” ujarnya

Iman mengatakan, warga yang terserang penyakit chikungunya saat ini dalam penanganan bidan desa setempat.

“Tidak ada yang dibawa ke RSUD, semuanya dirawat di rumah masing-masing dalam pengawasan bidan desa,” katanya

Lanjut Iman, untuk mengehidari warga dari serangan penyakit chikungunya, pemerintah desa berinisiatif untuk melakukan kerjabakti membersihkan lingkungan

“Mulai besok akan ada kerjabakti seperti membersihkan selokan dari sampah yang menyumbat, rencananya nanti hari Sabtu akan dilakukan foging,” pungkasnya. (dil)