Kemeriahan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Lapas Cianjur

RADARCIANJUR.com- Rangakaian Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 sudah mulai terasa di berbagai daerah, masyarakat menyambut dengan suka cita. Berbagai hiasan bendera merah putih terlihat di sepanjang jalan dan juga lingkungan masyarakat. Di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 2 B Cianjur, perlombaan yang biasa menghiasi hari kemerdekaan sudah dimulai. Warga binaan (wabin) menyambut hiburan tersebut dengan penuh suka cita.

Selain sebagai obat hati yang beberapa bulan ini terbatas untuk berjumpa dengan keluarga dikarenakan tidak diadakannya kunjungan, namun kesempatan tersebut menjadi waktu silaturahmi antar sesama penghuni lapas.

“Perlombaan ini sebagai hiburan bagi wabin yang ada disini, karena kita saat ini tidak mengadakan kunjungan terlebih dahulu berkenaan dengan kondisi pandemi saat ini,” ujar Kalapas Klas 2 B Cianjur, Heri Aris Susila.

Selain itu, bukan hanya sebagai silaturahmi antar wabin saja, kesempatan tersebut pun menjadi ajang waktu keluarga bersama petugas lapas lainnya yang turut diadakan lomba seperti lomba bakiak, lomba paku botol dan tenis.

“Ini menjadi obat kerinduan wabin dan juga tentunya kami para petugas yang bukan asli Cianjur untuk berkumpul bersama keluarga dan saling silaturahmi dengan keluarga petugas lainnya. Sehingga tidak ada pembatas antara kami,” tuturnya.

Yang tak dilepaskan dari ciri khas 17 Agustus yakni lomba panjat pinang yang selalu ada. Namun, panjat pinang hanya diikuti oleh wabin. Tawa dan kemeriahan menghiasi setiap kali wabin terjatuh. (kim)