Peringati HUT RI, 20 Komunitas Sepeda Geruduk Bangunan Bersejarah di Cianjur

KOMPAK: 20 Komunitas sepeda peringati kemerdekaan dengan menyambangi bangunan bersejarah di Cianjur. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Ada banyak cara dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dengan cara unik dan berbeda namun masih bertemakan kemerdekaan, selain dengan perlombaan dengan semangat juang. Justru hal berbeda dilakukan oleh 20 komunitas pesepeda Kabupaten Cianjur yang mengunjungi tempat-tempat bersejarah pada Sabtu (15/8) malam di Cianjur sebagai rangkaian memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75.

20 komunitas sepeda memulai kegiatannya di pintu Alun-Alun Timur dengan memulai mengkayuh pedal sepeda menuju tempat-tempat heritage di Cianjur yakni Bumi Ageung, Wisma Karya, Teja, Gedung Bank Wanita, Pendopo, Sumur Badak Putih hingga SD Ibu Jenab.

“Kegiatan ini kita lakukan sebagai rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75 dengan mengunjungi tempat bersejarah di Cianjur. Kegiatan ini kami temakan Goseta yaitu gowes sejarah kota Cianjur,” ujar Ketua Panitia Goseta, Andy Surnardi melalui Ketua Cianjur Cycling Forum (CCF), Kin Nurel Yakin.

Lanjutnya, kegiatan ini pun mengingatkan masyarakat akan saksi bisu perjuangan Bangsa Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan seperti di Kabupaten Cianjur. Pasalnya tidak hanya mengunjungi, namun para pecinta sepeda ini pun mempelajari sedikitnya mengenai sejarah gedung yang disambangi.

“Ini kan ada anak muda juga yang turut serta, sehingga sejarah yang ada di Kabupaten Cianjur dalam perjuangan Kemerdekaan Indonesia tetap terjaga. Selain itu juga ini merupakan warisan Kabupaten Cianjur yakni bangunan bersejarah yang harus dijaga kelak oleh anak cucu kita,” ungkapnya.(kim)