Tidak Pakai Masker Siap-Siap Pakai Rompi Orange Bersihkan Taman Joglo

BERSIH-BERSIH: Sejumlah masyarakat mendapatkan sanksi sosial karena tifak menggunakan masker. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)Kabupaten Cianjur bersama dengan unsur TNI dan Kepolisian Resor Cianjur menggelar razia masker di Jalan Siliwangi. Tak sedikit masyarakat yang terjaring dalam razia tersebut, beberapa diantaranya harus menjalani sanksi sosial berupa membersihkan Taman Kreatif Joglo dengan menggunakan rompi berwarna orange.

Dari razia tersebut, rata-rata pelanggar didominasi oleh kaum milenial. Berbagai alasan pun dilontarkan dari mulai lupa dan tidak dibawa.

Plt Kasatpol PP Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetya mengatakan, digelarnya razia ini untuk pengingat kepada masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Meski saat ini tengah menjelang era new normal.

Namun pada kenyataannya, di lapangan masih terdapat masyarakat yang mengabaikan penggunaan masker.

“Seperti kita lihat, beberapa masyarakat masib melupakan protokol kesehatan. Ini masih dalam kondisi Covid-19, kita menerapkan sanksi agar masyarakat sadar bahwa penyebaran bisa terjadi kapan saja,” ujarnya.

Setelah menjalani sanksi sosial, masyarakat diberikan masker dan buki tertulis mengenai pelanggaran yang sudah dilakukan yang berisikan pasal atau aturan yang dilanggar.

“Kita berikan masker juga dan selembar kertas mengenai aturan yang dilanggar. Sehingga nantinya masyarakat mengingat dan tidak kembali mengulangi pelanggaran,” paparnya.

Sementara itu, Lina (35) asal Kecamaran Sukanagara mengungkapkan, dirinya lupa membawa dan menggunakan masker dikarenakan terburu-buru.

“Iya tadi lupa gak bawa masker, ini aja jam tangan lupa kebawa. Tapi nanti pasti bakal pake masker terus,” ungkapnya. (kim)