Masih Banyak Toko di Cianjur yang Tak Patuhi Protokol Kesehatan

DIPERIKSA: Salah satu toko di Jalan Hos Cokro Aminoto disambangi petugas Satpol PP Kabupaten Cianjur untuk melihat kelengkapan protokol kesehatan. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Beberapa toko di Jalan Hos Cokro Aminoto didatangi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur. Namun kedatangan tersebut bukan untuk pembongkaran, akan tetapi dalam rangka melakukan razia protokol kesehatan. Razia ini pun dalam bentuk sosialisasi sanksi kepada masyarakat yang tidak patuh.

Plt Kasatpol PP Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetya mengatakan, pihaknya mendatangi beberapa toko di Jalan Hos Cokro Aminoto untuk memeriksa toko yang tidak menyediakan protokol kesehatan seperti tempat mencuci tangan, thermo gun dan masker untuk pegawai.

“Masih banyak (toko, red) yang tidak mematuhi protokol kesehatan, kita sekalian juga razian masker kepada pejalan kaki, pengunjung toko, pegawai toko dan pemiliknya,” ujarnya.

Hingga saat ini, masih banyak didapati masyarakat yang belum menggunakan masker. Akan tetapi, hari ini pihaknya hanya memberikan sanksi ringan bagi yang tidak menggunakan masker.

“Banyak yang tidak pake masker, kita menyisir jalan raya karena disini pusat keramaian Cianjur. Padahal kita sudah sering razia, tapi minimal di toko juga ada tempat cuci tangan. Kita baru berikan sanksi ringan saja berupa teguran,” jelasnya.

Pihaknya pun akan terus melakukan razia protokol kesehatan kepada masyarakat hingga aturan tersebut dipatuhi. Sementara itu, mengenai sanksi denda, belum dipastikan kapan akan diberlakukan di Kabupaten Cianjur.

“Kalau kita inginnya enggak sampai sanksi denda, tapi dengan kerja sosial dirasa bisa efektif atau menyumbang menyerahkan masker,” terangnya. (kim)