Pleno Hasil Verifikasi Bapaslon Perorangan di Cipanas, Begini Hasilnya…

PLENO: Pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan untuk pasangan perseorangan Pilkada 2020, di Kecamatan Cipanas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cipanas, Selasa (18/8/2020) melaksanakan dua tahapan pemilihan Bupati Cianjur dan Wakil Bupati (Pilkada) 2020 pagi dan siang di Aula kantor Kecamatan Cipanas.

“Agenda pertama itu melaksanakan bimbingan teknis terkait sosialisasi pemilihan kepada PPS yang diikuti oleh sebanyak 14 anggota yang ada di wilayah Kecamatan Cipanas, dan tahapan kedua pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan Bapaslon perorangan,” terang Ketua PPK Cipanas, Dodi Rahmat kepada radarcianjur.com usai kegiatan.

Adapun hasil rapat pleno terbuka tentang rekapitulasi hasil verifikasi faktual Bapaslon perorangan Pilkada serentak nanti, menurut Dodi, masih ada yang ganda, dan banyak yang harus diverifikasi.

“Walaupun akhirnya Bapaslon perorangan Muhammad Toha s.pdi dan Bapak Ade Sobari mendapatkan 2813 dukungan yang memenuhi syarat,” ujarnya.

Lebih lanjut Dodi mengatakan, pihaknya telah melakukan verifikasi selama dua minggu yang kemudian selama 7 hari dilakukan penambahan perbaikan dengan menggunakan metode door to door ke masyarakat pendukung atau narahubung oleh petugas verifikator.

“Artinya pasangan tersebut dibagi oleh lima narhubung tingkat kecamatan Cipanas yang ada pada rapat. Termasuk narahubung tersebut menyepakati hasil perbaikan di pleno PPK Cipanas,” katanya.

Dodi mengaku, sejumlah kendala di saat verfak (verifikasi faktual) kemarin cukup ada. Yang pertama, adanya kesulitan menemui calon masyarakat yang mendukung atau memang kadang-kadang yang bersangkutan tidak ada ditempat atau yang tidak dikenali oleh rekan yang melakukan verifikator.

“Jadi hasil daripada rekap di masing-masing kecamatan itu, nantinya akan diperoleh lolos atau tidak, dan apakah memenuhi syarat tidaknya, nanti hari Kamis tanggal 20 Agustus di kantor KPU Kabupaten Cianjur,” pungkasnya. (dan)