Sambut Tahun Baru Islam, Limbangansari Gelar Kesenian Debus

MELESTARIKAN KEBUDAYAAN : Salah satu peserta debus saat memperlihatkan ketangkasannya.

RADARCIANJUR.com – Menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah, Karang Taruna Grantang Setra Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur menggelar kesenian debus.

Acara yang dihelat di Lapangan yang berada di Kampung Tipar Kidul RT1/RW6 itu berjalan dengan lancar. Dihadiri langsung oleh Kepala Desa Limbangansari, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD, LPM, Jajaran Karang Taruna Grantang Setra serta RT/RW Desa Limbangansari Kecamatan Cianjur dan tamu undangan lainnya.

Ketua Karang Taruna Desa Limbangansari, Dandan RJ mengatakan, terselenggaranya kegiatan seni debus ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam yang ke 1442 Hijriyah di Tahun 2020.

“Kegiatan ini juga merupakan agenda rutin tahunan yang Alhamdulillah selalu digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam,” katanya pada radarcianjur.com, Rabu (19/8/2020).

Ia menuturkan, terselenggarnya kegiatan kesenian debus ini pun salah satu upaya untuk melestarikan kesenian-keseian yang ada di Jawa Barat, khususnya di Cianjur seperti halnya kesenian debus ini. “Karena kesenian debus ini sudah hampir musnah. Jadi kalau bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi,”ujarnya.

Dandan menambahkan, di mana pada tahun sebelumnya kegiatan menyambut Tahun Baru Islam juga biasanya digelar pawai obor yang diikuti semua elemen masyarakat di Desa Limbangansari. Namun karena situasi kali ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, sehingga acara pawai obor ditiadakan dulu.

“Pada gelaran kegiatan ini juga tentunya sudah memenuhi standar protokol kesehatan, di mana penonton dan tamu undangan yang hadir diharuskan memakai masker,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Limbangansari, Akhmad Sudrajat mengakui sangat mengapresiasi kegiatan kesenian debus yang telah digelar tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih adanya helaran kesenian debus. Di mana kesenian ini merupakan seni budaya yang harus dilestarikan, yang memang sebelumnya pun khususnya di Desa Limbangansari kesenian ini selalu digelar, terlebih saat menyambut Tahun Baru Islam,”pungkasnya.(ndk)