Terbaring Lemah, Seniman Kecapi Asal Naringgul Berjuang Lawan Penyakit

TAK BERDAYA: Kakek Wajon (60) sang seniman Cianjur harus berjuang melawan penyakit yang dideritanya. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Tertidur dan lemas. Tubuh hanya tinggal tulang berbalut kulit. Tubuhnya yang dulu mampu melantunkan melodi dari kecapi, kini harus rela terbaring di tengah rumah. Kakek Wajon (60), seniman kecapi asal Kampung Ujung Jaya Rt 2 Rw 12 Desa Malati Kecamatan Naringgul tersebut kini sudah tidak bisa memainkan kecapi setelah terserang penyakit.

Setelah sekian lama tak mendapatkan perhatian, akhirnya Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Naringgul datang menjenguk sekaligus memberikan bantuan.

Plt Camat Naringgul, Ijuh Sugandi mengatakan, keluarga kakek Wajon telah mendapatkan program bantuan sembako sejak awal. Namun, ia mengatakan keluarga seniman berusia setengah abad itu diduga belum mendapatkan PKH.

“Karena terbentur syarat di KTP dan KPM itu usianya harus dibawah sekitar 70 tahun,” ujarnya.

Lanjutnya, pihak kecamatan akan membawa kakek Wajon ke Puskesmas Naringgul dan akan dirawat sampai sembuh. Bahkan, seluruh biaya perawatan ditanggung oleh pemerintah alias gratis.

“Besok. itu, Jumat pagi, sekitar pukul 08.00 WIB akan dirawat di puskesmas sampai tuntas,” paparnya.

Pihaknya, saat ini masih menunggu keputusan keluarga. Apakah pihak keluarga akan menunggu dan sabar dalam perawatan kakek Wajon secara medis.

“Jadi, semua sudah beres. Artinya, kita akan membantu semaksimal mungkin sampai sembuh total,” terangnya.

Selain itu, perihal rumah kakek Wajon, dirinya menilai rumah itu masih layak ditinggali. Ia menyebutkan kondisi rumahnya luas, artinya masih layak dihuni.

“Paling rusak itu hanya atap saja. Mungkin nanti akan diajukan juga. Tapi kalau pihak lain mau membantu silahkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Naringgul, AKP Yayan mengaku telah berkunjung dan menengok kondisi kakek Wajon beserta keluarga. Bahkan, pihaknya telah memberi sumbangan.

“Semua biaya perawatan ditanggung pihak Muspika Naringgul. Doanya saja biar lancar dan sesuai harapan. Dan, kakek Wajon cepat sembuh,” tutupnya. (kim)