Gedung Utama Kantor Kejaksaan Agung Terbakar Hebat

DILAHAP JAGO MERAH: Api membakar gedung utama kantor Kejaksaan Agung RI di Jalan Sultan Hasanuddin Dalam, Kebayoran Baru, Jaksel, pada Sabtu (22/8). (Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Kebakaran hebat melanda kantor Kejaksaan Agung (Kejagung) RI Jakarta Selatan pada Sabtu (22/8).

Berdasarkan keterangan pihak Polsek Kebayoran Baru, api melahap bagian gedung utama bangunan yang berlokasi di Jalan Sultan Hassanudin Dalam, Kebayoran Baru Jakarta Sealtan tersebut.

“Itu gedung utama Kejagung (yang terbakar),” kata Kapolsek Kebayoran Baru AKBP Jimmy Cristian Samma saat dihubungi, Sabtu malam.

Kendati demikian belum diketahui pasti, dampak yang diakibatkan oleh kebakaran ini. Saat ini petugas masih melakukan proses pemadaman api agar tida merambat ke titik lain.

“Sekarang masih proses pemadaman, evakuasi. Jadi belum diketahui ada korban karena masih proses evakuasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Jimmy mengatakan, saat ini aparat kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas disekitar gedung Kejagung. Hal itu guna mempermudah akses tim pemadam kebakaran masuk ke dalam gedung. “Iya kita intitinya rekayasa agar tidak ada hambatan masuk TKP,” ungkap dia.

Sebelumnya, kebakaran melanda Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI di Jalan Sultan Hasanudin Dalam Nomor 1, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Api terlihat muncul dari arah samping gedung. “Terima berita kebakaran pukul 19.10 WIB,” kata Kasi Ops Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan, Sugeng dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Dalam video yang beredar, api berasal dari samping kiri gedung. Kobarannya terlihat cukup besar. Sejumlah pengendara yang melintas terlihat banyak berhenti menyaksikan kebakaran tersebut. (jwp)

Saat ini, Kejagung tengah menangani sejumlah kasus besar, di antaranya:

1. Kasus Joko Tjandra yang melibatkan sejumlah pejabat negara.

2. Kasus dugaan tindak pidana di PT Jiwasraya Persero yang diduga menyebabkan kerugian negara Rp17 triliun.

3. Dugaan Tindak Pidana Korupsi dalam Proses Pemberian dan Penggunaan Fasilitas Kredit dari Bank Mandiri kepada PT Central Steel Indonesia

4. Dugaan Tindak Pidana Korupsi dalam pemberian fasilitas pembiayaan dari Danareksa Sekuritas.

5. Dugaan Tindak pidana korupsi terkait pemberian Kredit Yasa Griya (KYG), oleh PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Cabang Semarang kepada debitur PT Tiara Fatuba dan novasi kepada PT Nugraha Alam Prima serta PT Lintang Jaya Property.

Kasus ini menjadi perhatian publik saat Kejaksaan Agung mengalami kebakaran hebat pada Sabtu malam (22/8/2020) sekitar pukul 19.00 WIB.

Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung bermula di lantai 6, kemudian merembet ke lantai bawah. (pojoksatu)