Shin Tae-yong Tolak Lima Pemain Brasil Masuk Proyek Naturalisasi

Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong

RADARCIANJUR.com – Upaya PSSI melakukan naturalisasi sejumlah pemain muda asal Brasil tak cuma memperlihatkan acakadutnya roda organisasi yang dipimpin Iwan Bule itu. Tapi, juga bakal sia-sia belaka.

Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong memang membutuhkan tambahan tenaga ”impor” di skuad didikannya yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 tahun depan itu. Namun, yang dimaui pelatih asal Korea Selatan tersebut hanya mereka yang punya darah atau keturunan Indonesia.

“Saya hanya mau mencari pemain berdarah Indonesia saja, itu untuk meng-upgrade lagi satu tingkat kemampuan pemain lokal di sini,” katanya.

Itu juga dipertegas Nova Arianto, asisten pelatih timnas U-19. Nova mengatakan, dirinya dan staf pelatih lain diminta mengumpulkan berbagai data dan video mengenai permainan pesepak bola berdarah Indonesia di luar negeri.

Data-data itu ujungnya diberikan kepada Shin Tae-yong untuk dianalisis ulang. ’’Coach Shin yang akan melihat apakah pemain itu sesuai dengan karakter yang dibutuhkan tim atau tidak,’’ jelasnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya dua pemain yang bermain di Inggris dan beribu perempuan Indonesia: Elkan Baggot dari klub Ipswich Town U-18 dan Jack Brown dari Lincoln City U-18. Nama kedua malah sampai saat ini masih ikut training camp bersama timnas U-19. Sedangkan Elkan justru diberi free pass oleh Shin Tae-yong, yakni boleh langsung ikut ke Piala AFC U-19 meski harus kembali berlatih bersama klubnya di Inggris.

Sedangkan kelima pemain Brasil yang kini berlatih bersama Persija Jakarta (Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima), Arema FC (Pedro Henrique Bartoli Jardim dan Hugo Guilherme Correa Grillo), serta Madura United (Robert Junior Rodrigo Santos) sama sekali tak ada hubungan apa pun dengan Indonesia. Mereka tak pernah main di sini dan bisa jadi juga baru kali ini menginjakkan kaki di sini.

(jwp)