Armed 5/Pancagiri Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan dengan Donor Darah

BERBAGI DARAH: Pasukan Armed 5/Pancagiri melakukan donor darah bersama masyarakat sekitar. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com– Masih dalam rangka peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Yonarmed 5/Pancagiri bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur menggelar donor darah yang turut difasilitasi oleh Palace Hotel Cipanas. Bukan sekedar donor darah, namun masyarakat pun diajak menjadi pahlawan di era saat ini dengan donor darah yang bertemakan “anyone could be a hero”.

Komandan Batalyon Armed 5/Pancagiri, Letnan Kolonel Arm Haryanto mengatakan, pihaknya sangat menyambut positif kegiatan yang diselenggarakan oleh Artha Graha Peduli.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai bentuk bakti sosial kepada masyarakat Cipanas dengan melibatkan personil Militer Yonarmed 5/Pancagiri dan Masyarakat di sekitar wilayah Cipanas,” ujarnya.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam situasi new normal yaitu pakai masker, jaga jarak dan menggunakan APD. Kantong-kantong darah yang berhasil terkumpul nantinya akan disalurkan oleh PMI Kabupaten Cianjur.

“Ini merupakan bakti dan kontribusi nyata TNI Angkatan Darat bersama seluruh komponen masyarakat bagi negeri yang sedang menghadapi pandemi Covid-19,” paparnya.

Tujuan kegiatan donor darah tersebut untuk memenuhi persediaan darah PMI yang kian menipis. Selain itu banyak pasien dimasa pandemi ini yang membutuhkan transfusi darah, sehingga PMI harus memenuhi stok darah.

“Pendonor darah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan melindungi pendonor dan pasien yang menerima kantong darah dimana pendonor dipastikan sehat dengan mengecek suhu tubuh mereka,apabila kurang sehat tidak akan dilakukan donor darah,” tutupnya. (kim)