Pengunjung Hotel dan Restoran Cianjur Berangsur Pulih, Capai 50 Persen

Ilustrasi Hotel
Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badan Pengurus Cabang Cianjur, Nano Indrapraja menilai, grafik pariwisata di Cianjur terutama yang masuk anggota PHRI, traffic libur panjang sejak 20 hingga 23 Agustus ini, sudah berangsur pulih.

Namun demikian, dirinya masih menyimpulkan bahwa dalam tatanan perbaikan para pelaku usaha pariwisata masih diangka rata-rata tingkat hunian atau konsumen sekitar 15 hingga 20 persen.

“Sudah ada yang terlihat tingkat hunian di week day itu rata-rata 15 hingga 20 persen. Tapi jika kita bicara rata-rata secara keseluruhan weekday dan weekend bisa mencapai antara 40 sampai 50 persen,” ujarnya saat dikonfirmasi radarcianjur.com kemarin.

Meski sudah terlihat geliat pertumbuhan wisatawan, masih ada beberapa hotel yang sudah mendekati 90% itu hanya terhitung beberapa pelaku usaha saja. Bahkan beberapa pelaku hotel dan restoran secara keseluruhan, masih banyak karyawan yang kerjanya di setengah bulan, alias cuma 15 hari selama sebulan.

“Karena mengingat cash flow untuk pembiayaan operasional yang belum normal, jadi saya masih menyimpulkan bahwa Cianjur belum begitu pulih. Walaupun dengan long weekend beberapa kali ini minimal bisa bertahan dengan bekerja 15 hari itu sudah jauh lebih baik, dibandingkan awal pandemi Covid-19 waktu itu,” katanya.

Meski begitu, pihaknya pun telah berkoordinasi bahkan sudah melakukan pertemuan dengan kepala dinas pariwisata mengenai program recovery dari pemerintah, dengan akan mempersilahkan para pelaku pariwisata hotel dan restoran untuk melakukan operasionalnya secara normal.

“Kami imbau agar tetap mengikuti imbauan pemerintah, yakni tentang protokoler kesehatan. Mudah-mudahan saja kami berdoa semua, dengan bismillah akhir tahun ini sudah lebih pulih lagi dan hidup berdampingan dengan komitmen tatanan kehidupan baru,” tukasnya. (dan)