Tiga Lembaga Kemasyarakatan Desa Cimacan Dikukuhkan

DILANTIK: Kepala Desa Cimacan, Deden Ismail tengah melantik tiga lembaga kemasyarakatan desa belum lama ini. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas melaksanakan pelantikan dan pengukuhan tiga lembaga kemasyarakatan desa (LKD), di Aula kantor Kebun Raya Cibodas, belum lama ini.

Kepala Desa Cimacan, Deden Ismail menuturkan, tiga LKD Cimacan yang dilantik itu diantaranya ketua RT, RW dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), serta pengurus karang taruna desa, yang selama ini perlu lebih diperhatikan bersama.

“Jadi pada dasarnya untuk pelantikan pengukuhan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) ini sudah menjadi sebuah program kita bersama. Artinya jangan sampai LKD ini dipandang sebelah mata. Tapi kita sama-sama akui, demi membantu memajukan desa Cimacan,” tutur Deden kepada radarcianjur.com.

Jika berbicara masalah kelembagaan yang kini telah dikukuhkan kembali, kata Deden, memang sejak dulu juga telah ada. Namun dalam hal pengakuan pemerintahan desa sebelum dirinya menjabat, mungkin belum terlalu diperankan secara maksimal.

“Jadi selama ini yang mereka inginkan itu adalah sebuah lembaga yang diakui. Bagi pemerintah Desa kedepan berharap, setelah dilakukan seperti ini, LKD Cimacan minimal ada sebuah sinergitas dengan pemerintahan desa,” ujarnya.

Termasuk, menurut Deden, pemerintahan desa tidak bisa berjalan secara sendiri tanpa dibantu oleh lembaga-lembaga masyarakat yang ada. Apalagi jika berbicara masalah RT dan RW. Karena mereka pun adalah pelaksana kebijakan terdekat di lapangan.

“Mereka merupakan salah satu ujung tombak bagi masyarakat, sebagai wakil atau kepanjangan tangan dari pemerintahan,” ucapnya.

Camat Cipanas, Latip Ridwan mengatakan, dengan adanya pelantikan LKD tersebut diharapkan, bisa sama-sama membangun Cianjur terutama Desa Cimacan, Cipanas lebih aman dan kondusif. Termasuk program-program dari pemerintah Kabupaten Cianjur pun bisa selalu didukung.

“Mudah-mudahan setelah dibentuk dan dikukuhkan, para LKD bisa lebih bersinergis, menjaga keamanan dan kondusivitas, termasuk memajukan desa sendiri,” katanya.

(dan)