Ingatkan Warga, Anggota DPRD Jabar Gelar Sosialisasi Empat Pilar

SOSIALISASI: Anggota DPRD Provinsi Jawa barat, fraksi PKS Sadar Muslihat tengah melakukan sosialisasi empat pilar. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat fraksi Partai Keadilan Sosial (PKS), Sadar Muslihat melakukan sosialisasi empat pilar yang merangkul puluhan kader di wilayah dapil dua Kabupaten Cianjur, yang bertempat Gedung Sinar Kasih Pacet, Selasa (25/8/2020).

“Guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang empat pilar ini, maka sangat perlu dilakukan sosialisasi agar mereka lebih tau dan mengingatkan kembali,” ujar Sadar kepada radarcianjur.com, Selasa (25/8/2020).

Kegiatan yang dilakukan ini menurut Sadar, merupakan tindak lanjut dari sketsa kebangsaan di karya parlemen.

“Jadi pentingnya empat pilar kebangsaan ini adalah salah satu pegangan bagi masyarakat dalam kehidupan keseharian dan ketatanegaraan yang ada di negeri kita,” katanya.

Secara umum, Sadar mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat ini merupakan kewajiban setiap anggota dewan. Walaupun hanya satu kali dan cukup terbatas karena di masa pandemi, tapi sebetulnya ini juga menjadi dasar dirinya memilih segmen yang ada saat ini, agar lebih terarah dan maksimal dalam penerapannya.

“Walaupun gak semua kalangan karena keterbatasan waktu dan aturan yang ada, insya Allah lain kesempatan kita bisa mengajak semua segmen lainnya,” ujar pria berkacamata itu.

Beberapa juga yang didiskusikan dari sosialisasi empat pilar kali ini, kata Sadar, lebih didominasi tentang kehidupan berpancasila di tengah fenomena yang terjadi, termasuk di masa pandemi saat ini. Dengan harapan, semuanya bisa sama-sama memberikan solusi jangan sampai atas keadaan di masyarakat itu justru menimbulkan konflik.

“Jadi walaupun situasi ekonomi, politik dan persaingan yang ada di masyarakat itu bisa menimbulkan masalah, tetapi minimal perilaku dan cara menyikapi media sosialnya juga lebih berhati-hati di masa digitalisasi saat ini. Agar perbedaan yang ada, tetap terjalin hubungan yang baik dan saling menghargai,” ucapnya.

“Melalui Pancasila serta Undang-undang dasar 45, Bhinneka Tunggal Ika itu, kita lebih mengingat kembali dasar persatuan dan kesatuan di dalam perbedaan,” sambungnya.

Pasca sosialisasi ini, Sadar berharap, bisa mengingatkan dan menghangatkan kembali tentang apa konsensus bernegara, termasuk empat pilar.

“Kami berharap, masyarakat bisa mengimplementasikan empat pilar ini dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk mengingatkan bahwa ada yang mempersatukan kita empat pilar ini sebagai konsensus bersama,” pungkasnya.

(dan)