Persib Genjot Performa Pemain, Terutama Penjaga Gawang

Para pemain Persib Bandung tengah menjalani latihan (Antara Photo)

RADARCIANJUR.com-Jelang bergulirnya kembali kompetisi Liga 1 2020, pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts terus menggenjot performa anak asuhnya. Dalam sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa (25/8) seluruh pemain kembali diasah melalui small game internal.

Kendati hanya berlatih satu jam, Robert mengatakan programnya selama ini berjalan maksimal dan banyak perubahan positif dari para penggawa Pangeran Biru. Terutamanya terkait performa para kiper. Maklum saja, akibat kompetisi terhenti terkait pandemi Covid-19, cukup berpengaruh terhadap kondisi pemain. Berdasar itu, latihan terus digenjot untuk mengembalikan performa pemain, terutama kiper.

“Kami memberikan latihan dengan tensi tinggi hari ini. Dalam sesi small sided game kami melihat bagaimana perkembangan performa pemain. Ini juga akan menjadi bahan evaluasi dari tim pelatih,” kata Robert dikutip dari laman resmi klub.

Pelatih berkebangsaan Belanda tersebut meyakini para pemain akan mampu meningkatkan performa hingga kompetisi dimulai nanti. Terlebih, Persib masih memiliki waktu sebulan untuk melakukan persiapan.

“Saya yakin pemain akan terus mengalami peningkatan. Saya juga bisa melihat beragam ekspresi yang positif dari pemain dan tentunya itu pertanda bagus bagi tim untuk melanjutkan kompetisi,” jelasnya.

Sementara itu, pelatih penjaga gawang Persib, Luizinho Passos mengakui, jeda kompetisi yang panjang cukup mempengaruhi performa anak asuhnya. Menurutnya, ada sedikit perbedaan yang dialami para kiper Pangeran Biru.

Meski sudah masuk pekan ketiga latihan bersama, Luizinho mengatakan Teja Paku Alam dan kawan-kawan masih belum dalam performa terbaiknya. “Ada penurunan, tapi memang sedikit. Dari hasil training match akhir pekan lalu saya pribadi siap melakukan evaluasi untuk semua kiper. Banyak aspek yang harus ditingkatkan,” ujar pelatih kiper asal Brasil tersebut.

Oleh karena itu, Luizinho siap bekerja keras guna membuat para kiper siap untuk melakoni lanjutan kompetisi Liga 1 2020 Oktober mendatang. “Masih ada waktu. Bukan hanya fisik, kiper-kiper perlu ditingkatkan lagi mental bertandingnya. Mereka sudah berhenti lama dari aktivitas kompetisi,” tegasnya.

(jawapos/may)