Wisata Alam di Cianjur Yang Wajib Dikunjungi

Foto Uchim

RADARCIANJUR.com-Mendengar nama Kabupaten Cianjur sangat identik dengan beras dan tauconya. Namun, bukan itu saja yang membuat Cianjur spesial.

Kota yang hanya berjarak dua setengah jam dari Jakarta tersebut memiliki keindahan alam yang mengesankan dengan panorama yang luar biasa.

Dengan kontur tanah yang berbukit-bukit, tersimpan potensi wisata yang keren dan wajib untuk dijelajahi para penikmat wisata alam.
Selain itu, ada juga berbagai tempat wisata buatan yang juga tak kalah menarik.

Tim Radar Cianjur yang telah merangkum beberapa tempat wisata yang wajib kalian kunjungi apalagi kalian yang suka dengan keindahan dan suasana alam yang pastinya bakal bikin betah.

Di bawah ini spot-spot wisata alam yang keren, hits dan mengesankan di Cianjur yang harus masuk dalam daftar kunjungan Anda saat liburan. Cekidot!

1. Curug Cikondang

Foto Cahya Nugraha

Untuk bisa sampai ke Curug Cikondang, Anda akan lebih dahulu disuguhi pemandangan yang indah dengan panorama yang istimewa. Perjalanan pun bisa sangat menyenangkan.

Curug Cikondang merupakan curug yang disebut-sebut sebagai Niagara mini oleh National Geographic. Namun bukan itu yang membuat curug di Cianjur tersebut istimewa.

Adalah pemandangan alam di sekitar yang menjadikan Curug Cikondang menjadi istimewa. Untuk bisa sampai ke lokasi, Anda harus terlebih dulu melewati kebun teh yang hijau dan sawah yang menggunakan sistem pengairan terasering.

Saat sampai di lokasi, Anda juga bisa menyaksikan kemegahan Curug Cikondang, yang mengalirkan air dengan derasnya. Yang menjadikannya Instagenic adalah adanya gubug di pinggir air terjun, menjadikan spot ini begitu eksotis.

2. Curug Citambur

Foto Ahdy

Ingin menikmati alam yang masih sangat alami, sekaligus menikmati pemandangan indah dan suasana yang sejuk dan menyegarkan? Silakan melipir ke Curug Citambur.

Spot wisata yang satu ini pantas untuk dikunjungi karena keadaan alam yang masih ‘perawan’. Lokasi ini juga kerap diselimuti kabut, yang menjadikan nuansa menjadi sendu, menguatkan sisi alami dari lokasi ini.

Pemandangan yang keren juga menambah sisi estetika Curug Citambur. Apalagi tempatnya begitu ciamik.
Bagi Anda yang lebih suka menjelajahi alam yang alami, Curug Citambur adalah spot untuk Anda. Bukan hanya karena air terjunnya yang unik dan megah bila dilihat dari sejumlah sisi, tapi juga karena perjalanan menuju ke spot ini menantang.

Namun demikian, pemandangan alam yang mengesankan dan suasana yang sejuk dan hijau membuat kata lelah akan tergantikan dengan ucapan syukur.

3. Curug Luhur

Foto Mugirradiansyah

Curug Luhur memiliki reputasinya tersendiri, tapi itu yang ada di Bogor. Curug Luhur di Cibinong, Cianjur, Anda masih bisa membentuk reputasi seperti yang diinginkan.

Curug Luhur menjadi salah satu hot tourism spot anyar di Cianjur yang wajib Anda kunjungi. Bagaimana tidak, tak banyak orang yang mengetahui dan mendatangi tempat wisata ini. Padahal tempatnya keren dan air terjunnya Instagrammable, lho!

Lokasi Curug Luhur memang tersembunyi. Karena alasan itu pula tak banyak fasilitas umum yang tersedia. Bagi traveler yang mendambakan kenyamanan pasti tak akan mendapatkannya di sini. Namun bila Anda memiliki sisi adventure yang lebih dominan, silakan menikmati keindahan dan pesona alam yang masih alami.

Banyak sekali spot keren, di mana Anda bisa puas berfoto. Bermain air dan menikmati alam yang masih asri adalah hal yang harus Anda lakukan di sini. Seru abis!

4. Curug Dadali

Foto Teguh Aditya

Ingin menikmati air terjun di lokasi yang benar-benar unik dan eksotik? Cianjur punya satu tempat untuk dituju, yaitu Curug Dadali.

Spot wisata ini belum dikelola secara serius, namun di sinilah letak keindahannya, di mana spot wisata ini memiliki kesan alami dan menonjolkan sisi eksotismenya.

Air yang mengalir di curug ini mengali dengan cukup deras. Sementara alirannya berada di kubangan dengan bebatuan yang ditutupi oleh tumbuhan lumut.

Dari sudut pandang tertentu, spot wisata ini terlihat keren dan Instagenic. Tapi yang pasti, nuansa segar dan udara yang sejuk akan Anda dapatkan di sini.

Namun, tak seperti curug lainnya di Cianjur, pengunjung diperingatkan untuk tidak berenang karena cukup berbahaya. Waspada, ya!

5. Wana Wisata Pokland

Foto Nitta Rully

Sekarang ada cara asyik dan menyenangkan kala terjebak kemacetan di Kawasan Rajamandala, Haurwangi, Cianjur. Anda bisa melipir menuju Wana Wisata Pokland dan menikmati indahnya alam hutan.

Berada di kawasan Perum Perhutani KPH Cianjur, Wana Wisata Pokland, yang memiliki luas hingga 30 hektar, menyajikan pemandangan dan nuansa hutan yang teduh dan menenangkan.

Terdapat sejumlah fasilitas wisata, seperti bumi perkemahan, trek motocross dan downhill, hingga glamping dan rumah pohon yang keren. Beberapa spot juga keren untuk menjadi background swafoto bersama keluarga dan teman.

Datang bersama si kecil, Anda bisa memanjakan mereka dengan berkendara kuda mengelilingi wana wisata ini.

Atau jika ingin yang berbeda, menggelar pesta pernikahan di sini juga sangat direkomendasikan. Tertarik mencoba?

6. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Pohon dengan bunga berwarna pink yang identik dengan negara matahari terbit ini sudah ditanam sejak tahun 1971 untuk memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Tak kurang ada 435 pohon bunga sakura yang dapat Anda temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango ini.

Bahkan pohon sakura di sini lebih hebat daripada di negara asalnya, lho. Kalau di Jepang bunga sakura hanya bermekaran sekali setahun tiap musim semi, di sini Anda bisa menyaksikan keindahan bunga-bunga tersebut 2 kali setahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli Agustus! Hal ini disebabkan oleh perbedaan iklim dan kontur tanah.

Selain Taman Sakura, di Kebun Raya Cibodas pengunjung dapat menikmati padang rumput yang luas, pohon-pohon raksasa berusia tua, berbagai koleksi tanaman yang langka, taman lumut yang unik, kolam, sungai, air terjun, air mancur, dan rumah kaca.

7. Taman Bunga Nusantara

Foto Uchim

Pernahkah Anda membayangkan berada di taman bunga berwarna-warni yang sejuk, romantis, lengkap dengan suara percikan air, seperti di dunia Alice in Wonderland?

Mungkin yang Anda cari ada di Taman Bunga Nusantara. Tiap bagian taman memiliki bermacam tema yang terinspirasi dari berbagai tempat di seluruh dunia, seperti Prancis, Mediterranean, Jepang, dan tentu saja taman bergaya Bali.

Namun bagian yang jadi daya tarik utama dari taman ini adalah Secret Labyrinth alias Taman Rahasia.

Terinspirasi dari konsep Maze Garden dan The Wall of Troy berabad-abad lalu, Taman Rahasia ini menyuguhkan beberapa jebakan lorong yang buntu serta lorong berliku yang berujung pada suatu tempat istimewa.

8. Situs Megalitikum Gunung Padang

Foto Dok Radar Cianjur

Di lintasan gunung berapi di kawasan Cianjur terdapat sebuah penemuan besar yang sukses mengubah sejarah peradaban masa lalu.

Ketika reruntuhan candi ditemukan di bukit setinggi 100 meter ini, awalnya semua orang menganggap itu hal biasa. Namun 20 tahun lalu barulah diketahui bahwa candi tersebut bukan berdiri di atas bukit, melainkan di sebuah piramida buatan manusia yang terkubur oleh tanah!

Dari uji karbon, disimpulkan bahwa batu-batuan yang digunakan untuk membangun piramida ini diperkirakan telah berusia antara 9.000 hingga 20.000 tahun silam, atau 6.000 tahun sebelum Raja Tut membangun piramida-piramida di Mesir – dan menjadikannya sebagai piramida tertua di dunia.

Meski hingga saat ini bermacam penelitian sejarah masih berlangsung, namun Gunung Padang telah dibuka untuk umum. Untuk menuju puncaknya dibutuhkan waktu daki selama 20 menit melalui jalan setapak. Di teras pertama dan yang paling luas, pengunjung akan disambut oleh sebuah pohon besar.

Makin ke atas hingga menuju puncak, ukuran teras kian mengerucut sebagai simbol hierarki masyarakat di masa lalu.

Saat Anda berdiri di tengah-tengah tempat pemujaan purbakala yang dikelilingi oleh gunung berapi, pepohonan hijau, serta suasana yang begitu tenang, maka pikiran Anda pun akan terlena membayangkan kehidupan di masa pra-sejarah sambil melihat pemandangan nun jauh di bawah sana.

9. Situs Gunung Kasur

Ingin mengunjungi spot wisata baru yang, bisa dikatakan, masih alami di Cianjur? Melipir ke Gunung Kasur bisa menjadi pilihan.

Secara histori, Gunung Kasur bukanlah tempat wisata baru. Namun dengan mulai dikembangkannya wilayah tersebut, meski masih terkesan lambat, sebagai salah satu daerah dengan potensi wisata yang menjanjikan, Anda bisa menemukan banyak hal yang menarik.

Salah satu hal keren yang ditawarkan di Gunung Kasur adalah bisa menikmati panorama dan pemandangan kota Cianjur dari ketinggian, baik siang mau pun malam. Lanskap kota dan perbukitan hijau nan eksotik menjadi daya tarik utamanya.

Bagi Anda penikmat aktivitas di alam terbuka, trekking di Gunung Kasur adalah salah satu tantangan yang bisa Anda coba. Setiap lintasan bisa dilalui dengan jalan kaki, menggunakan sepeda atau bahkan gas pol dengan motor trail Anda. Banyak pula spot yang pas untuk membuka tenda dan bermalam di sana.

Tapi ingat, membuang sampah di alam terbuka adalah salah satu kejahatan kemanusiaan yang serius. Jangan sampai mengotori tempat wisata ini, ya!

Itulah beberapa wisata dengan keindahan alam di Cianjur yang telah di rangkum Radar Cianjur dan masih banyak lagi wisata lain seperti wisata pantai, wisata kuliner dan lainnya.

(may)