Dua Pemain yang Berlaga di Inggris, Masuk Timnas Indonesia U-19

Elkan Baggott saat mengikuti latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. (Chandra Satwika/Jawa Pos)

RADARCIANJUR.com-Seperti janjinya, pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong benar-benar ingin membawa Elkan Baggott untuk ikut training camp (TC) di Kroasia.

Bahkan, secara khusus dia sudah meminta PSSI untuk mengirimkan surat izin ke klub Elkan Ipswich Town FC agar bisa dilepas selama September mendatang. Dan, tampaknya hal itu terkabul dengan adanya nama pemain blasteran Indonesia-Inggris itu dalam 30 nama yang akan dibawa ke Kroasia.

Bukan hanya Elkan, satu nama pemain berdarah Indonesia lain, yakni Jack Brown, juga ikut dibawa. Padahal, pemain Lincoln City U-19 itu baru bergabung sepekan bersama tim.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan, 30 pemain yang dipilihnya berdasar hasil TC selama beberapa pekan terakhir di Stadion Madya, Jakarta. Menurut dia, dari keseluruhan pemain yang dipanggil, 30 nama tersebut menunjukkan perkembangan yang signifikan. ’’Saya yakin selama di Kroasia, fisik, teknik, dan permainan tim akan semakin berkembang,’’ katanya.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan membenarkan hal itu. Dia menuturkan, berdasar laporan yang diterimanya selama TC timnas U-19 di Jakarta, 30 pemain itulah yang menunjukkan progres sangat baik. ’’Ada peningkatan grafik yang luar biasa selama pemusatan latihan,’’ terangnya.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menegaskan, PSSI tidak ikut campur tangan dalam pemilihan pemain. Semua keputusan berada di tangan Shin Tae-yong. ’’PSSI selalu mendukung program dari Shin Tae-yong untuk timnas,’’ tegasnya.

Iwan Bule berharap para pemain benar-benar bisa bekerja keras selama di Kroasia. Bisa menunjukkan perkembangan yang terus naik dengan tempaan tiga pertandingan uji coba skala internasional di sana. Yakni, melawan Arab Saudi, Kroasia, dan Bulgaria dalam satu turnamen internasional U-19.

’’Mereka harus bekerja keras dan semangat demi torehan positif di AFC U-19 dan tentunya Piala Dunia U-20,’’ pungkasnya.

(jawapos/may)