Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Pemkab di Sindangjaya Terpaksa Dibangun Warga

SWADAYA: Warga bersama tokoh setempat memperbaiki jalan milik Pemerintah Kabupaten Cianjur yang rusak. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Warga di dua kampung di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, memperbaiki badan jalan yang rusak parah, belum lama ini. Jalan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) itu, rusak sudah cukup lama, bahkan diperkirakan telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

Aksi yang dilakukan puluhan warga di Kampung Jolok dan Kemang yang sempat menanti pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Cianjur ini merupakan bentuk akumulasi kekesalan, karena belum kunjung diperbaiki.

Mereka beramai-ramai memperbaikinya. Jalan sepanjang dua kilometer itu diperbaiki warga dengan menggunakan peralatan seadanya.

Menurut keterangan salah satu tokoh masyarakat Emang Muhammad (47) menuturkan, perbaikan tidak hanya melibatkan seluruh masyarakat, termasuk dukungan pemerintah Desa Sindangjaya pun ikut terlibat.

“Jalan rusak masyarakat pengguna jalan terganggu, pemuda atau warga sekitar terpaksa turun tangan memperbaiki jalan,“ ujarnya.

Ia mengatakan, jalan rusak sudah berlangsung selama dua tahun lebib dan cukup mengganggu aktivitas penyuplai kebutuhan masyarakat seperti sembako dan pendukung perputaran ekonomi yang kebanyakan didominasi oleh para petani.

“Terutama kendaraan pengangkutan hasil tani atau kebun milik warga, menjadi cukup terhambat akibat jalan yang rusak. Selain kendaraan yang melintas, harus berjalan perlahan-lahan. Karenakan di sekitar jalan tanjakan dan turunan kondisinya cukup licin, dan berbatu,” katanya.

Sebenarnya, warga sangat berharap, pemerintah agar segera turun tangan mengatasi kerusakan jalan. Sehingga tidak mengganggu rutinitas dan perekonomian masyarakat.

“Harapan saya, karena ini merupakan jalan Kabupaten, tolong segerah diperbaiki. Karena jalan ini, akses utama perputaran ekonomi dan kegiatan sehari-hari masyarakat,” katanya

Kepala Desa Sindangjaya Kecamatan Cipanas, Deden Muhammad Syahir mengatakan, sejak menjabat sebagai kepala desa, pihaknya telah berupaya mengajukan perbaikan jalan milik pemerintah daerah itu ke dinas terkait.

“Saya sebagai kepala desa sudah menyampaikan surat pembangunan ke Dinas terkait. Namun sampai saat ini belum juga ada perbaikan. Makanya warga secara swadaya membangun itu” katanya.

Pihaknya menginginkan, agar segera ada perbaikan yang layak. Karena selama beberapa tahun, warga merasakan kekesalan akibat jalan yang berbatu dan hancur.

“Padahal di Sindangjaya ini merupakan salah satu kawasan pertanian yang cukup besar. Mudah-mudahan segera ada perhatian dari instansi terkait dan pemerintah kabupaten Cianjur,” ungkapnya. (dan)