Banyaknya Kasus KMM di Cianjur, Basarnas Bandung ‘Turun Gunung’

KOORDINASI: Basarnas Bandung beserta unsur BPBD Kabupaten Cianjur, Damkar, PMI dan organisasi peduli alam melakukan pembahasa kegiatan latihan SAR daerah (Latsarda). (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Cukup banyaknya kasus kondisi membahayakan manusia (KMM) di Kabupaten Cianjur khususnya kasus tenggelamnya manusia, membuat Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung akan melaksanakan latihan SAR Daerah (Latsarda).

Bertempat di Gedung Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Cianjur, Kepala Basarnas Bandung melakukan koordinasi pra Latsarda. Rombongan disambut hangat oleh Sekretaris Kwarcab Kabupaten Cianjur, Nana Suryana beserta jajaran.

Kepala Kantor Basarnas Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, pihaknya saat ini melakukan koordinasi menjelang latsarda dengan tujuan untuk penanganan saat terjadinya kasus tenggelam.

“Kita melihat di Kabupaten Cianjur cukup banyak kasus KMM khususnya kejadian orang tenggelam, sehingga kita akan melakukan latsarda dengan beberapa pihak,” ujarnya.

Koordinasi dihadiri berbagai pihak seperti BPBD, Damkar, PMI, Tagana, ORARI, BFN (Brotherhood For Natur) dan Forum pecinta alam Kabupaten Cianjur (FSPAC).

“Nanti akan kita awali dengan sosialisasi yang rencananya digelar pada 4 September 2020 bertempat disini (Gedung Pramuka, red) dan dilanjutkan pelaksanaan Webinar pada 9 September 2020 megenai awal keposkoan. Untuk giat lapangannya dilaksanakan pada 15-17 September 2020,” jelasnya. (kim)