PKBM Nurul Fata Terapkan Pembelajaran Online

RADARCIANJUR.com -Masa pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, membuat beberapa kebiasaan lama harus dibuang sementara. Seperti misalnya aktivitas belajar mengajar di dalam ruang kelas sekolah.

Kini, para pelajar harus beradabtasi dengan kebiasaan baru dengan metode pembelajaran dalam jaringan (Daring) atau via virtual. Aktivitas ini tak hanya dilakukan oleh sekolah-sekolah umum, pun dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).Seperti yang dilakukan PKBM Nurul Fata di Kampung Babakan Rt 01 Rw 03 Desa Maleber Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur.

Kepala PKBM Nurul Fata, Deni Abdul Kholik menerangkan, upaya pembelajaran virtual untuk menghindari kerumunan orang. Hal tersebut untuk memutus mata rantai penyeberan Covid-19. PKBM Nurul Fata sendiri mengakomodir paket belajar kesetaraan mulai dari paket A setara SD, paket B setara SMP dan paket C setara SMA.

“Di sini di Nurul Fata, sudah ada paket C yang lulus dan akan melanjutkan kembali ke perkuliahan,” kata Deni kepada RADARCIANJUR.com Sabtu (29/8/2020)

Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat Kasi Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Iva Faiz mengatakan, konstribusi PKBM Nurul Fata dalam membantu pemerintah daerah di bidang pendidikan.

“Sesuatu yang baik agar warga belajar yang harus mendapatkan ilmu dan pengetahuan tetap dilakukan, bisa dilaksanakan dengan cara Daring,” kata Iva.

Iva menjelaskan, bahwa salah satu yang meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah keterlibatan PKBM yang bergerak pada pendidikan non formal.

“Apa yang dilakukan oleh PKBM dalam melakukan kegiatan belajar ini adalah betul-betul memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” tambahnya.

(dil)