PSDKU IPB Sukabumi Siap Memulai Tahun Ajaran Baru

RADARCIANJUR.com – Pada hari Sabtu 29/08/2020 Dekan Sekolah Vokasi IPB Dr Arif Daryanto menerima kunjungan Rektor IPB Prof Arif Satria di Kampus PSDKU IPB Sukabumi. Kunjungan Rektor IPB yang juga ketua Forum Rektor Indonesia ini dalam rangka meninjau kesiapan sarana dan prasarana perkuliahan bagi mahasiswa baru. Tahun ini Kampus PSDKU IPB Sukabumi menerima 300 mahasiswa dari program studi komunikasi, manajemen agribisnis, ekowisata, teknologi industri benih, teknologi produksi dan manajemen perikanan budidaya, serta teknologi dan manajemen ternak.

IPB University sebagai perguruan tinggi yang memiliki pendidikan vokasi, berperan dalam pengembangan dan diseminasi teknologi tepat guna di bidang pertanian, pengembangan dan pendampingan model bisnis pemberi nilai tambah yang berbentuk korporasi berbasis kelompok tani bekerjasama dengan market place, BUMN, offtaker, maupun startup, pengembangan dan pengembangan agrologistik yang berbasis pada teknologi mutakhir dan pendidikan konsumen cerdas, perlindungan konsumen, peningkatan kualitas konsumsi pangan konsumen.

Dalam rangka mendukung peran tersebut, Prof Arif Satria mengatakan IPB University telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang dijadikan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menjadi wirausaha, termasuk di kampus PSDKU IPB Sukabumi.

Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr Arief Daryanto menambahkan bahwa pada kurikulum IPB 2020 sekolah vokasi telah menetapkan tiga mata kuliah wajib di Sekolah Vokasi, yaitu Aplikasi Komputer, Pengantar Agroindustri, dan Entrepreneurship. Bermodal kurikulum, sarana dan prasarana PSDKU IPB Sukabumi siap mencetak sumberdaya manusia handal untuk terus memajukan sektor pertanian Indonesia.

Sebagai informasi pada tanggal 17 Agustus 2020 lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis data pemeringkatan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 menempatkan IPB University pada urutan pertama. Pemeringkatan ini diikuti 2.136 perguruan tinggi negeri dan swasta.

Dalam kunjungan ini turut pula hadir Wakil Rektor Prof Agus Purwito, Sekretaris Institut Dr Aceng Hidayat, Ketua Badan Pengembangan Insitut Prof Yonny K 8dan Wakil Dekan Bidang Sumberdaya dan kerjasama Sekolah Vokasi Dr Wawan Oktariza.(*)